HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Kamis, 18 Oktober 2018

    Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia Dipusatkan di MIN 1 Kebumen

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) se-Dunia tingkat Kabupaten Kebumen diperingati di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kebumen, Rabu (17/10/2018).

    Kegiatan dihadiri Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kebumen Budi Lestari, mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen Zuhroh Yazid Mahfudz yang berhalangan hadir.

    Zuhroh Yazid Mahfudz dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Budi Lestari, menyampaikan tujuan peringatan CPTS.  "Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cuci tangan pakai sabun sedini mungkin," jelasnya.

    Melalui langkah tersebut, Zuhroh mengharapkan anak-anak bisa terhindar dari penyakit menular seperti diare, cacingan dan inveksi saluran pernafasan atas (ISPA). "Sehingga bisa menyelamatkan hidup anak-anak kita, generasi penerus bangsa dari berbagai penyakit menular," imbuhnya.

    Sementara Kepala MIN 1 Kebumen Makruf Widodo, dalam sambutannya antara lain menyampaikan arti pentingnya cuci tangan. "Cuci tangan merupakan hal yang sederhana dan dianggap sepele, tetapi berefek besar pada kesehatan tubuh kita," tegasnya.

    Acara dimeriahkan dengan tarian jaranan oleh siswa-siswi MIN 1 Kebumen saat penyambutan kedatangan rombongan TP PKK Kabupaten Kebumen. Penyuluhan CTPS oleh tim dari Puskesmas Kebumen 3 dikemas dalam bentuk operet yang menarik.

    "Pilihan bentuk operet dalam penyuluhan karena sasaran kami adalah siswa SD. Konsentrasi mereka untuk mendengarkan tentu belum sebanyak yang dimiliki orang dewasa," jelas Andri Rosita yang membuat ide cerita operet tersebut.

    Anak-anak yang mengikuti kegiatan tampak senang mengikuti kegiatan, karena operetnya memang menarik. Usai pelepasan balon oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kebumen, kegiatan diakhiri dengan praktek CTPS dipandu tim dari TP PKK dan Puskesmas.(*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top