BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Minggu, 28 Oktober 2018

    Mundir Hasan: Penolakan Ormas MTA karena Lemahnya Komunikasi Ulama

    fotoimamekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Jajaran Ketua Forum Umat Islam Mundir Hasan SPd menyayangkan adanya penolakan warga di Kecamatan Adimulyo terhadap organisasi Massa Majelis Tafsir Al Quran (ormas MTA) di wilayah setempat.

    Menurut Mundir, adanya penolakan warga itu tak lepas dari kurang masifnya komunikasi diantara ulama. Untuk itu, dia mendorong agar silaturahmi antara ulama ditingkatkan kembali.

    "Setiap aliran mempunyai pemahaman sendiri-sendiri. Saat terjadi perbedaan hal itu akan dibahas oleh para ulama yang mempunyai standar keilmuan, sehingga tidak asal pokoke. Jika komunikasi antar ulama tidak lancar, dapat berakibatnya miskomunikasi pada umat," kata Mundir saat dimintai tanggapan soal penolakan Ormas MTA di Desa Kemujan Kecamatan Adimulyo, dalam beberapa pekan terakhir.

    Seperti diberitakan, warga Kecamatan Adimulyo menyatakan penolakan terhadap ormas MTA di wilayah setempat. Setelah sempat menggelar aksi unjuk rasa pada Kamis (18/10/2018), massa kembali menyatakan penolakan seminggu sesudahnya (25/10/2018). Warga meminta ormas MTA tidak menggelar kegiatan di wilayah mereka.

    Bahkan pada aksi penolakan kedua di Desa Kemujan, sempat terjadi ketegangan saat warga merangsek kawalan petugas. Beruntung tidak terjadi tindak anarkis.

    Mundir Hasan mengatakan, persoalan ini harus segera dicari solusinya. Sekecil apapun perbedaan jika terjadi miskomunikasi dapat menjadi gesekan yang besar. “Ini karena ulama tidak saling berkomunikasi dan tidak membahas perbedaan satu sama lain. Akibatnya umatlah yang justru melakukan komunikasi antar umat. Miskomunikasi pun terjadi dan berakibat fatal. Untuk itu pemukan agama dalam hal ini adalah ulama atau MUI harus turut serta andil menyelesaikan persoalan tersebut,” ucapnya.

    Sebelumnya, Humas MTA, Warisin sudah meminta agar persoalan penolakan MTA dapat diselesaikan dengan adil. (mam/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top