HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Selasa, 09 Oktober 2018

    Komunitas Pelangi Ajak Anak Peduli Lingkungan dari Hal Kecil

    ISTIMEWA
    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Banyak sekali program atau ajakan-ajakan yang berkaitan dengan peduli lingkungan. Kepedulian terhadap lingkungan akan menciptakan kelestarian alam. Komunitas Pelangi Anak Kebumen (KPAK) mengajak anak-anak untuk lebih peduli dengan lingkungan.

    Ajakan KPAK dilakukan dengan cara sederhana yakni mulai dari hal-hal kecil. Meski sederhana, namun mempunyai dampak yang besar jika terus dilaksanakan. Salah satunya yakni mengajak anak-anak memanfaatkan kembali, barang-barang yang tidak terpakai.

    Ya, KPAK Aditya Fradana salah satu mahasiswa IANU Kebumen terus melaksanakan sosialisasi di sekolah-sekolah. Sosialisasi dikemas dengan menyenangkan dan penuh keceriaan.

    Bahkan diselingi dengan kegiatan bermaian. Kerena dunia anak memang dunia bermain. “KPAK juga fokus dalam keperdulian lingkungan yang diwujudkan dalam sosialisasi ke berbagai sekolah,” tutur Aditya yang juga merupakan Mahasiswa semester V Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IANU Kebumen itu, Senin (8/10/2018).

    Aditya menjelaskan, KPAK didirikan berawal  dari keresahannya mengenai banyaknya sampah yang tidak bisa di daur ulang khususnya kaleng. Jika tidak dimanfaatkan dan hanya dibuang, tentunya dapat mecemari lingkungan. “Kami mengajak generasi muda untuk peduli dengan sampah. Beberapa anggita KPAK yakni Luqman Hakim, Eviana Widiawati, Umi Sangadah, Ira Paramita MP, Ummu Husna, Siti Fatimah dan Risky Apriyana,” jelasnya.

    Sosialisasi yang dilaksanakan, bukan hanya dengan penyampaian lisan saja. Anak-anak diajak untuk memanfaatkan kaleng bekas sebagai pot tanaman. Agar lebih menarik, sebelum menjadi pot, kaleng dicat warna-warni. Ini juga akan meningkatkan kreativitas anak-anak dalam memanfaatkan barang bekas. Anak-anak akan melukis kaleng sesuai dengan imajinasi mereka,” katanya.

    Bukan hanya membuat pot saja, saat sosialisasi, anak-anak juga melaksanaka pengisian tanah sebagai media tanam, sekaligus menanam tanaman bunga. Selain itu kaleng bekas juga dapat dimanfaatkan untuk membuat celengan, tempat pensil dan lain sebagainya. “Kami telah berkunjung ke beberapa Sekolah Dasar (SD) diantaranya SD Negeri 2 Dorowati dan SD Kebadongan Kecamatan Klirong,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top