BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Jumat, 12 Oktober 2018

    Kekurangan Makanan, Penyebab Anjing Liar Menyerang Domba

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Serangan oleh anjing liar dengan korban ternak domba, mendapat respon cepat dari Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kebumen. Distapang menerjunkan petugas untuk mengobati domba yang masih selamat akibat serangan anjing liar.

    Kepala Distapang Ir Pudji Rahayu, mengatakan, pihaknya sudah berupaya melakukan pengobatan dan memeriksa sejumlah luka pada domba yang menjadi korban terkaman kawanan anjing liar di sekitar wilayah Kecamatan Alian dan Karangsambung.

    "Ya Mas, betul ada serangan hewan buas. Kita sudah ke lokasi kemarin di Desa Kaligending Kecamatan Karangsmbung. Di dukuh Kalikudu yang diserang 8 ekor domba ada 5 ekor yang mati, 3 domba mengalami luka - luka. Yang luka kita obati dan kita injeksi vitamin untuk mengurangi infeksi maupun rabies," kata Pudji kepada Ekspres melalui pesan singkat.

    Pudji Rahayu menyampaikan, adanya serangan anjing liar ini tak lepas dari sekawanan anjing liar yang terdampak musim kemarau panjang. Akibat kekurangan makanan di hutan, mereka turun dan memasuki perkampungan penduduk kemudian menyerang ternak warga.

    "Diketahui dari jenis gigitanya, tidak diketahui jelas jenis anjingnya namun yang jelas itu bukan anjing milik warga," ungkapnya.

    Ia menambahkan saat ini pihaknya terus menggencarkan pantauan dan merencanakan penyuluhan kepada masyarakat dan tokoh masyarakat setempat untuk bersama - sama menanggulangi kejadian serangan anjing liar ini.

    "Kami berharap ini bisa ditanggulangi bersama masyarakat, sekaligus untuk antisipasi kemungkinan penyebaran penyakit dari gangguan ini," pungkasnya. (Saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top