Honda

Honda
Jogja
  • Berita Terkini

    Senin, 08 Oktober 2018

    Gus Hari Terpilih Jadi Ketua Padepokan Silat Pagar Nusa

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Gus Asyhari Muhammad Al Hasani terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pengurus Cabang Pencak Silat NU atau Pagar Nusa Kebumen periode 2018-2023. Pihaknya mendapat dukungan penuh pada Konfercab Pagar Nusa yang dilaksanakan di  Gedung PCNU Kebumen, Sabtu (6/10/2018).

    Setelah terpilih, Gus Asyhari (Hari) resmi menggantikan Ketua Pagar Nusa Kebumen sebelumnya yakni Fadlun Haryanto. Usai pemilihan, ketua lama Fadlun Haryanto langsung menyerahkan jabatan beserta beberapa dokumen organisasi kepada ketua terpilih.

    Ketua Panitia Konfercab Pagar Nusa Kebumen Muhammad Atif NK menyampaikan, konfercab dihadiri oleh ratusan warga Pagar Nusa dan perwakilan Pengurus Anak Cabang Pagar Nusa (tingkat kecamatan). Saat proses pencalonan tidak ada usulan calon lain, sehingga secara aturan tata tertib persidangan Ketua ditentukan secara aklamasi. “Gus Hari terpilih secara aklamasi dan sah,” tuturnya.

    Saat ditemui di kediamannya yakni nDalem Ponpes Al Hasani Jatimulyo Alian, Gus Hari mengaku bersama tim formatur akan segera mempersiapkan kepengurusan. Setelah kepengurusan terbentuk, maka akan diajukan SK ke Pagar Nusa Pusat. Pagar Nusa sendiri merupakan organisasi atau banom NU yang konsen dalam bidang silat. Ke depan Gus Hari akan mengembangkan Pagar Nusa khususnya di pondok pesantren.  "Tentunya ke depan akan menghidupkan kembali silat-silat di Pondok-pondok Pesantren dan Kebumen pada umumnya," ungkapnya.

    Gus Hari yang juga merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al Hasani itu, juga berjanji akan mengembangkan skill pesilat di Pagar Nusa. Tak menutup kemungkinan para atlit silat dari Kebumen nantinya akan mampu berlaga dalam tingkat nasional. Bukan hanya skill silat saja, Gus Hari juga berjanji akan berusaha untuk memperbaiki manajemen organisasi Pagar Nusa Kebumen.

    Selain itu pihaknya akan menjalin komunikasi dengan berbagai macam perguruan silat yang ada di Kebumen. "Nanti akan dilakukan kompetisi silat secara rutin untuk mengasah kemampuan para pesilat. Event terdekat akan ada apel akbar pesilat dalam rangka Hari Santri Nasional," paparnya.

    Sekedar mengingatkan, Gus Hari sendiri merupakan Putra ke tiga dari Almarhum Dewan Pembina Pagar Nusa Kebumen yakni KH Sufyan Al Hasani. KH Sufyan Al Hasani tutup usia umur 60 tahun pada Sabtu 24 Juni 2017, silam. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top