BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Senin, 15 Oktober 2018

    Desa Madureja Jadi Sasaran TMMD Tahap III

    SERTU MACHFUD FOR EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Setelah selesai di Desa Sidomukti Kecamatan Kuwarasan pada Agustus lalu, kini Kodim 0709/Kebumen kembali melaksanakan kegiatan Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2018. Kali ini TMMD dipusatkan di Desa Madureja Kecamatan Puring, Sabtu (13/10/2018).

    Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Piliang menyampaikan TMMD merupakan kelanjutan dari Program ABRI Masuk Desa. Kegiatan itu dimulai sejak tahun 1980. Ini dilaksanakan secara terpadu lintas sektoral. Kegiatan dilaksanakan antara TNI, Kementerian/Lembaga, non Kementerian dan masyarakat. “Tujuan kegiatan TMMD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu yakni kegiatan pembangunan di daerah pedesaan,” tuturnya.

    Beberapa kegiatan fisik yang dilaksanakan di Desa Madureja meliputi pembangunan talud jalan dan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Talud dibangun dengan sepanjang 422,54 meter dengan tinggi 1 meter.

    Sedangkan untuk pembangunan RTLH sebanyak lima rumah. Rumah yang dibangun yakni milik Sutrisno warga Dukuh Seroja RT 04 RW 02 Desa Madureja. Rumah Muh Damiri Dukuh Kepudang RT 5, rumah Sampen Dukuh Tunggalsari RT 01 RW 01, rumah Pardi Dukuh Tunggalsari RT 02 RW 01 dan rumah Rajiman Dukuh Seroja RT 04 RW 02 Desa Madureja. “Pekerjaan RTLH telah mencapai 75 hingga 85 persen,” jelasnya.

    Selain fisik lanjut Dandim Letkol Inf Zamril Piliang, TMMD juga mengerjakan kegiatan non fisik. Ini meliputi Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Kesadaran Hukum. Selain itu dilaksanakan juga penyuluhan bahaya narkoba. Ini dilaksanakan bekerja sama dengan Polres Kebumen,” paparnya.

    Sedangkan penyuluhan Kesehatan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan Penyakit Menular Seksual (PMS) dilaksanakan bersama Dinas Kesehatan. Untuk  penyuluhan Percepatan Penganekaragaman Komsumsi Berbasis lokal dan praktik dilaksanakan dengan Distapang. Sedangkan untuk peyuluhan KB dilaksanakan denga Dinas Sosial dan BPKB. “Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan 40 personil TNI dan 41 orang dari masyarakat setempat serta 3 pegawai Pemkab Kebumen,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top