• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Selasa, 02 Oktober 2018

    60 Mahasiswa UMNU Ikuti PPL

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 60 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen (UMNU) Kebumen mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Pelepasan mahasiswa tersebut dilaksanakan oleh Rektor UMNU Kebumen Dr H Khomsin MPd di ruang aula setempat, Senin (1/10/2018).

    PPL dilaksanakan di SMA dan SMK yang berada di tujuh Kecamatan yakni, Karangsambung, Kutowinangun, Mirit, Ayah, Kebumen, Klirong dan Sadang. Adapun ke 60 mahasiswa itu terbagi dalam 15 kelompok. Setiap sekolah akan diisi oleh tiga hingga lima mahasiswa dari UMNU Kebumen. PPL ini merupakan kali pertama dilaksanakan oleh Mahasiswa UMNU Kebumen.

    Dalam sambutannya, Dr H Khomsin MPd berpesan kepada mahasiswa agar selalu menjaga nama baik UMNU. PPL dilaksanakan agar para mahasiswa menguasai empat kompetensi pendidik yakni profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian. Tak kalah pentingnya yakni  menguasai komunikasi. “Penguasaan komunikasi sangat penting bagi para calon pendidik,” tuturnya.

    Adapun mahasiswa yang mengikuti PPL yakni semester VII dari Prodi Pendidikan Olah Raga, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Sedangkan prodi di UMNU sendiri terdiri dari Agroteknologi, Biologi, Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Olah Raga, Peternakan, Teknik Informatika dan Teknik Sipil. “Saat ini jumlah seluruh mahasiswa mencapai 600 orang,” jelasnya.

    Dalam kesempatan itu, Dr H Khomsin MPd juga menyampaikan bahwa di UMNU Kebumen tersedia beasiswa bagi 90 mahasiswa. Beasiswa pendidikan dari Program Pesantren Kader Pengurus Nahdlatul Ulama (PKPNU). Syaratnya, mahasiswa harus siap setoran pemahaman kitab dihadapan penguji setiap empat bulan sekali.

    Setoran pemahaman kitab dilaksanakan menggunakan metode pidato. Selain itu mahasiswa juga harus setoran hafalan surat-surat Al Quran, meliputi Ar Rohman, Al Wakingah, Yasin dan lain sebagainya. “Ini bukan hanya untuk mahasiswa dari Kebumen saja, melainkan juga bisa dari luar daerah. 90 Mahahasiswa inilah yang nantinya disiapkan untuk mengisi Kepengurusan NU. Beasiswa ini akan menjadi kado untuk HUT NU ke 100 yakni pada tahun 2026 mendatang,” katanya.

    Hal senada juga disampikan Badan Pelaksana Penyelenggara (BPP) UMNU Kebumen H Sugiman MM dan Mustolih MPdI. Pihaknya menegaskan selama kuliah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  UMNU Kebumen melaksanakan PPL selama dua bulan dan Kuliah kerja Nyata (KKN) juga selama dua bulan. “Dengan ini maka kompetensi mahasiswa dapat terbentuk dengan baik,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top