HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Senin, 15 Oktober 2018

    50 Siswa Ikut Olimpiade Geologi LIPI

    IMAM/ESKPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 50 peserta mengikuti Olimpiade Geologi yang dilaksanakan oleh Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BIKK – LIPI). Olimpiade Geologi itu bertema Geology of Melange.

    Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari yakni 9 hingga 11 Oktober 2018. Kegiatan dipusatkan di Kantor BIKK LIPI dan area di sekitar Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung.

    Adapun para peserta Olimpiade Geologi merupakan siswa – siswi SMA/Sederajat di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipilih oleh BIKK LIPI. “Masing – masing sekolah mengirimkan dua siswa, sehingga jumlah siswa SMA/Sederajat yang mengikuti sebanyak 50 siswa,” tutur Peneliti Utama LIPI-Karangsambung Chusni Ansori.

    Pihaknya menyampaikan Olimpiade Geologi Melange (OGM) merupakan salah satu diseminasi yang dilakukan oleh BIKK LIPI. Salah satu fungsinya yaitu menyebarkan informasi kebumian dan meningkatkan pemahaman mengenai ilmu geologi. Ini dilaksanakan secara teori dan lapangan terutama kepada siswa – siswi tingkat SMA/Sederajat.

    Kepala Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung LIPI Edi Hidayat ST MT menyampaikan ilmu kebumian sangat penting di kehidupan manusia. Peristiwa bencana geologi yang terjadi akhir - akhir ini, terutama gempa besar yang terjadi di Lombok dan Palu, Donggala, dan sekitarnya akibat adanya sesar aktif.

    Ini telah membuka pentingnya ilmu kebumian terutama yang terkait dengan bencana. “Para generasi milenial saat ini tidak hanya pintar dengan gadget saja, tetapi juga harus peka terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya,” jelasnya.

    Disisi lain, lanjut Hidayat, Indonesia sangat kaya dengan potensi sumberdaya alamnya. Kendati demikian jangan lupa Indonesia pun kaya dengan potensi bencana alamnya.

    Ketua panitia OGM Fitriany Amalia Wardhani ST menyampaikan adanya Olimpiade Melange diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para siswa mengenai ilmu geologi secara teori dan lapangan.

    Terutama mengenai kebencanaan dan sumber daya alam. Kegiatan OGM 2018 ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai kondisi geologi di lingkungan masing – masing. Selain itu meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan. “Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan minat siswa SMA/sederajat untuk belajar ilmu kebumian di wilayah Cagar Alam,” tegasnya.

    Juara I Olimpade Geologi Melange tahun 2018 ini diraih oleh SMA N 1 Yogyakarta. Juara II diraih oleh SMA N 1 Salatiga dan Juara III diraih oleh SMA N 1 Surakarta. Masing - masing juara mendapatkan hadiah uang tunai, piagam dan trophy dari LIPI. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top