• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Sabtu, 22 September 2018

    Warga Binaan Rutan Kebumen Jalani Tes Urine dan VCT

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Upaya memerangi narkoba terus dilakukan di Kota Beriman. Kali ini, Jajaran SatresNarkoba menggelar sosialisasi bahaya narkoba dengan menyasar warga binaan rumah tahanan negara (Rutan) Kebumen, Jumat (21/9/2018).

    Di saat bersamaan Satresnarkoba menggelar tes urine bagi para warga binaan. Sekitar 100 warga binaan terlihat antusias mengikuti sosialisasi ini. Termasuk, saat mereka harus menjalani tes VCT untuk mengetahui apakah ada warga binaan yang mengidap HIV/Aids atau tidak.

    "Selain bertujuan untuk mengantisipasi adanya pengguna narkoba dalam rutan, sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan pemahaman bagi para warga binaan agar tidak terjerat pemakaian obat terlarang dan narkoba," ujar Karutan Kebumen, Sutopo Barutu.

    Sutopo menambahkan, kegiatan kemarin juga menggandeng Forum Peduli HIV/Aids Kabupaten Kebumen dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen yang menggelar tes Voluntray Counselling dan testing (VCT). Ini dilakukan mengingat tingginya angka HIV/Aids di kota Beriman.

    "Bisa saja sempitnya lingkungan di Rutan Kebumen dapat membawa penularan penyakit termasuk di dalamnya penyakit berbahaya seperti HIV?Aids," imbuh Sutopo.


    Sementara itu, Ketua Forum Peduli HIV/Aids Kabupaten Kebumen, Lehan mengatakan tes VCT merupakan bentuk kepedulian kepada warga binaan. "Ini untuk mengantisipasi adanya penularan HIV/Aids sekaligus mendeteksi dini kondisi kesehatan warga binaan," ujarnya.(*/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top