• Berita Terkini

    Senin, 17 September 2018

    Tanamkan Nilai Demokrasi, SMK Muhammadiyah Gelar Pilcakep

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebagai wujud penanaman nilai demokrasi dan sikap anti golput dikalangan pelajar, SMK Muhammadiyah Kutowinangun melaksanakan proses

    Proses pemilihan Calon Ketua IPM dan wakilya dilaksanakan secara terbuka, jujur dan adil di halaman sekolah yang berada di Jalan Pemuda No. 14 Kutowinangun, Jum’at, (14/9/2018).

    Pembina IPM Hesty Triana Rahmawaty SPd menyampaikan Pilcakep dan Cawakep kali ini mengadopsi sistem Pemilihan Kepala Daerah seperti yang biasa dilaksanakan di daerah. Ini lengkap dengan tahapan pencalonan dan kampanye. “Dalam tahapan pencalonan memunculkan 3 (tiga) pasangan calon yang terdiri dari pasangan calon, Nomor urut 1 Paslon David Fitrianto dan Didi Purwanto; Nomor urut 2 Paslon Silfia Retnowati dan Danang Haidar Ali; Nomor urut 3 Paslon Agus Suhartono dan Herlina Dwi Aryani,” tuturnya.

    Dalam masa pendaftaran, lanjutnya,  didapatkan tiga pasangan calon. Mereka mendaftar langsung kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pilcakep dan Cawakep SMK Muhammadiyah Kutowinangun. “Setelah ditetapkan sebagai Pasangan Calon, masing-masing Paslon diberikan kesempatan untuk melakukan kampanye. Itu untuk menyampaikan visi dan misi secara terbuka dihadapan siswa-siswi SMK Muhamamdiyah Kutowinangun”, paparnya.

    Setelah itu Jumat, (14/09) dilaksanakan pemungutan suara. Ini diikuti oleh 1.273 siswa dan seluruh Guru, Karyawan SMK Muhamamdiyah Kutowinangun. Prosesi pemungutan suara dimulai pukul 07.00 WIB setelah sebelumnya didahului dengan sambutan dan pengarahan oleh Kepala SMK Muhammadiyah Kutowinangun Rochmat Aris Susyanto MPd.

    Dalam sambutannya Rochmat Aris menyampaikan pemilihan Cakep dan Cawakep yang dilakukan secara langsung terbuka, jujur dan adil menjadi proses pembelajaran bersama tentang bentuk dan praktek demokrasi. Khususnya bagi para siswa yang notabenenya merupakan pemilih pemula.

    “Dengan pemilihan cakep dan cawakep ini setidaknya memberikan pemahaman dan pengalaman yang utuh guna mewujudkan pemilu yang berkualitas dan demokrastis. Apalagi diantara kalian sudah ada yang mempunyai hak pilih dalam pilpres dan pileg yang akan dilaksanakan serentak pada 17 April 2019 mendatang, gunakanlah hak pilih sebaik-baiknya,” tegasnya.

    Setelah melalui proses penghitungan suara yang saling mengajar satu sama lain, hasilnya menyatakan pasangan nomor urut 2 yakni Silfia dan Danang memperoleh suara tertinggi, yang hanya terpaut selisih 19 suara dari paslon David dan Didi. “Saya sangat senang sekali, tidak menyangka bakalan menang dan unggul dari pasangan Ipmawan David dan Ipmawan Didi. Tentunya kami mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan dan kepercayaannya untuk memegang tampuk amanah kepemimpinan PR IPM SMK Muhammadiyah Kutowinangun periode 2018-2019. Insyaalloh dengan seijin Alloh SWT akan kami laksanakan dengan sungguh-sungguh dan sebaik mungkin,” ucap Silfia usai perhitungan suara. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top