Honda

Honda
Jogja
  • Berita Terkini

    Rabu, 26 September 2018

    Spemuda Kebumen Bentuk Karakter Siswa dengan Kemah HW

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Karakter merupakan suatu hal yang harus dibentuk. Dalam pembentukan karakter, sekolah memiliki andil besar untuk ikut serta menciptakan generasi-generasi yang berkarakter unggul. Pembentukan karakter dilaksanakan, melalui kegiatan-kegiatan sekolah, salah satunya yakni  dengan Kepanduan.

    Ya, untuk itu, SMP Muhammadiyah 2 (Spemuda) Kebumen, dalam mendidik para siswanya mewajibkan mengikikuti kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan (HW). Diharapkan kepanduan dapat mendorong para siswa dalam menemukan karakter dan jati dirinya.  Sekolah dengan slogan disiplin Islami kompetitif dan berwawasan lingkungan ini, menggelar Perkemahan Dakwah Pandu Hizbul Wathan, bebepa waktu lalu. Kegiatan itu diikuti lebih dari 200 peserta pandu pengenal.

      “Kami menyadari salah satu fungsi sekolah adalah pembinaan karakter. Pembinaan karakter dapat dibentuk dari Kepanduan Hizbul Wathan yang dijadikan sebagai ekstrakulikuler wajib di sekolah,” tutur Ketua Panitia Perkemahan Muhamad Rifangi.

    Sementara itu, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kebumen Imam Romzan Fauzi SThI menjelaskan Perkemahan diselenggarakan selama tiga hari di Lapangan Pemandian Air Panas Krakal Alian. Kagiatan mengusung tema  “Perkemahan Pandu Hizbul Wathan Spemuda Membumikan Spirit Menuju Gerakan Kepanduan yang Berahlaq dan Berkemajuan”.  “Perkemahan ini merupakan bentuk motivasi bagi penggiat Kepanduan agar semakin terpacu dalam mendalami ilmu-ilmu Pandu Hizbul Wathan. Dengan itu akan berefek terhadap karakternya,” jelasnya.

      Hizbul Wathan, lanjut Imam, merupakan salah satu wadah yang ampuh untuk mengasah dan membentuk karakter para siswa.  Pasalnya, Hizbul Wathan merupakan keilmuan kepanduan yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. “Perkemahan dilengkapi dengan mengadakan outbond mendaki pengunungan di belakang pemandian yang masih asri,” paparnya.

    Selain itu, tambah Imam,  perkemahan juga diramaikan dengan berbagai game yakni LCC, membuat video pendek dan penampilan aksi kreativitas panggung ala pandu Hizbul Wathan. Perkemahan ini ditutup dengan pelantikan 40 Pasukan Khusus Inti Kepanduan Hizbul Wathan.

    Fikri Ardiansyah salah seorang peserta  kemah mengaku senang mengikuti perkemahan tersebut. "Perkemahan ini memberikan banyak pengalaman yang sangat bermanfaat bagi saya. Selain itu juga memberikan banyak pelajaran tentang artinya kemandirian dan cinta tanah air,"  ucapnya. (by/mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top