• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Kamis, 20 September 2018

    Sambut Musim Hujan, Petani Dihimbau Bersih-bersih

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Menyambut musim hujan, Kepala Dinas Peternakan dan Pangan (Distapang) Kebumen Ir Pudji Rahayu menghimbau agar petani melaksanakan bersih-bersih sawah. Ini dimaksudkan agar saat saluran irigasi telah diaktifkan air dapat berjalan dengan lancar mengairi sawah.

    Bersih-bersih sawah dan saluran irigasi menjadi bagian dari persiapan musim tanam. Jika semua sudah dipersiapkan sejak dini, nantinya petani dapat lebih awal dalam melaksanakan penanaman padi. “Petani yang telah melaksanakan panen palawija, segera membersihkan sawah, begitu juga dengan yang lainnya,” tuturnya, Rabu (19/9/2018).

    Dijelaskannya, sesuai perkiraan, kemungkinan intensitas hujan akan terjadi pada pertengahan Bulan Oktober. Kendati demikian biasanya saluran irigasi akan dibuka pada awal Bulan Oktober.  Untuk itu hanya tinggal waktu beberapa hari saja. Seyogyanya saat saliran irigasi dibuka semuanya telah siap. “Irigasi akan berfungsi secara maksimal jika semua lancar,” jelasnya.

    Umumnya, lanjut Pudji, saat saluran irigasi kali pertama dibuka, akan terdapat banyak sumbatan-sumbatan sampah pada pintu air. Ini lantaran selama irigasi tidak mengalih, banyak sampah berserakan disaluran irigasi. Sampah yang menyumbat pintu air, akan menggangu aliran  irigasi.  Bukan itu saja, jika sampah sampai memasuki area persawahan, tentu akan menggangu petani dalam menyiapkan lahan tanam. “Sambut musim hujan dengan melaksanakan segala persiapan,” jelasnya.

    Ir Pudji Rahayu menyampaikan,  pembersihan dapat dilaksanakan dengan sendiri-sendiri atau kerja bakti. Selain sampah, petani diharapkan juga melaksanakan pemantauan terhadap kondisi saluran irigasi. Bisa jadi terdapat bagian-bagian yang memerlukan penanganan atau perbaikan. “Saluran irigasi harus dirawat dan dijaga bersama-sama, sebab itu adalah urat nadi pertanian,” terangnya.

    Pantauan Ekspres dilapangan, terdapat petani yang telah usai melakukan panen palawija kacang hijau. ini banyak terjadi pada petani di bagian Selatan Kebumen. Semakin ke Utara, umur tanaman kacang hijau semakin muda. Setelah petani Selatan melaksanakan panen kacang hijau, kini giliran petani bagian tengah. Sedangkan petani di bagian Utara mayoritas sedang melaksanakan persiapan panen panen kacang hijau. "Sambut Musim Tanam (MT) 1 dengan persiaapan yang matang," ucap Ir Pudji (mam).

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top