• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Minggu, 30 September 2018

    Saat Dunia Kupu-kupu Memikat Perhatian Ratusan Siswa MIN 1 Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Belajar sambil berwisata. Itulah yang dilakukan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kebumen saat berkunjung ke obwis Taman Kupu-kupu (Alian Butterfly Park) di Desa Krakal Kecamatan Alian, Rabu (26/9/2018) lalu.

    Ratusan siswa yang mengikuti kegiatan inipun antusias. Dengan didampingi guru dan orang tua, para siswa diajak mengenal 175 jenis kupu-kupu yang menjadi koleksi taman seluas 900 meterpersegi itu. Sekaligus, proses metamorfosis kepompong menjadi kupu-kupu mereka pelajari. Termasuk museum awetan kupu-kupu pun dapat mereka saksikan.

    Tak hanya soal kupu-kupu, para siswa diajak ke arena bermain yang sudah disediakan pengelola. Di tempat bermain berupa perkebunan pohon jati ini, pengelola menyediakan tempat belajar pertanian hidproponik. Juga wahana permainan tradisional diantaranya, egrang bambu, egrang batok hingga memanah. Selain itu, ada ketrampilan membuat kerajinan dari bahan janur atau daun kelapa muda. Menariknya lagi, Alian Butterfly Park juga dilengkapi kebun binatang.

    Para siswa pun diajak koleksi kebun binatang seperti rusa, marmut dan burung merak. Jadi, dalam kesempatan itu para siswa belajar tentang lingkungan sembari berwisata

    Pengelola Taman Kupu-kupu Alian, Wahyu Karyono berharap, ke depan tempat wisata yang dikelolanya bisa menjadi wahana edukasi yang diminati pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya. "Sejauh ini sudah mendapat tanggapan positif dari Pemkab dan dinas terkait. Lokasi ini sangat cocok dikembangkan menjadi wisata edukasi bagi pelajar dan masyarakat juga keluarga," imbuhnya.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top