BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Selasa, 18 September 2018

    Pengukuhan, DPD PGMI Gelar Bakal Seminar Nasional

    ISTIMEWA 
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dalam Rangka Pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) Kebumen Periode  2018-2022 akan menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan. Kegiatan akan dilaksanakan di Gedung Aula Setda Kebumen, Kamis (20/9/2018) mendatang.

    Acara seminar mengusung dua tema yakni “Optimalisasi Peran Guru Madrasah dalam Membangun Karakter Bangsa”, yang akan dibahas bersama Narasumber Direktur  Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Prof  Dr H Kamaruddin Amin MA.

    Tema yang kedua yakni “Penguatan Kapasitan Guru Madrasah Sebagai Perekat NKRI”, dengan Narasumber Anggota Komisi XI DPR RI Dapil VII Ir H Muchammad Romahurmuziy MT.

    Ketua Panitia Seminar Sururi SPdI MPd melalui sekretarisnya Muhiban SAg MPdI menyampaikan seminar juga dilaksanakan untuk sosialisasi visi, misi dan tujuan PGMI.

    Disahkannya DPD PGMI Kabupaten Kebumen Periode 2018-2022, menjadi salah satu bentuk ikhtiar berpartisipasi membangun mencerdaskan kehidupan bangsa di Kebumen. Kegiatan juga untuk bekal awal bagi DPD PGMI Kebumen dalam untuk melaksanakan program kerja organisasi. “Selain itu guna memberikan pemahaman konseptual kepada masyarakat pendidikan, bagaimana cara optimalisasi peran guru madrasah dalam membangun karakter bangsa dan sebagai perekat NKRI,” tuturnya, Senin (17/9).

    Muhiban menjelaskan, Madrasah  merupakan jalur pendidikan formal dalam sub sistem pendidikan nasional. Keberadaannya sah dan diakui secara yuridis dalam sisdiknas tersebut. Madrasah  harus mampu menjadi salah satu unsur pendukung terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

    Lebih lanjut, fakta empiris membuktikan Indonesia menghadapi persoalan moralitas bangsa. Dekadensi moral dituduh sebagai biang keladi dari segala kebrobrokan tatanan negeri ini.

    Selain tu pergantian rezim yang diharapkan menyulap Indonesia menjadi surga, faktanya lain. Korupsi, serakahisme, egoisme, anarkisme, menyeruak bebas di Bumi Pertiwi, sampai sekarang.

    “Dengan latar belakang tersebut DPD PGMI Kebumen menganggap penting untuk mengadakan Seminar Nasional Pendidikan. Ini  sebagai bentuk ikhtiar menjawab problematika pendidikan , terutama menyangkut optimalisasi peran guru madrasah dalam membangun karakter bangsa dan  penguatan kapasitan guru madrasah sebagai perekat NKRI,” jelasnya.

    Terkait dengan seminar, lanjut Muhiban, telah dilaksanakan audiensi dengan Plt Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Rabu (12/9) lalu. Saat audiensi cbpati didampingi Kepala Dinas Pendidikan H Ahmad Ujang Sugiono SH.

    Dalam kesempatan itu, Plt Bupati menyambut baik didirikannya DPD PGMI Kabupaten Kebumen. Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada guru madrasah yang sudah turut mendidik mencerdaskan moral generasi bangsa di Kabupaten Kebumen. Moral yang baik adalah segala-galanya. Anak tidak cukup hanya cerdas intelektual , tapi harus  cerdas emosional dan spiritual.

    Bupati juga mengapresiasi langkah PGMI untuk selalu menjaga silaturahim, dialogis, dan apiratif dalam hal menyampaikan ide dan gagasan. Karena hakikat guru adalah manusia pilihan. “Segala tindakan baiknya, tidak dilakukan emosional tetapi dengan rasional. Maka langkah yang tepat bagi guru adalah bukan demo, tetapi audiensi seperti ini,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top