HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Sabtu, 08 September 2018

    Pemuda Kebumen Raih Penghargaan Internasional dari Ajang ASC di Thailand

    Mokhamad Khafid Fauzi/fotoistimewa
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Prestasi membanggakan datang dari pemuda Kebumen. Adalah Mokhamad Khafid Fauzi (19), pemuda asal Desa Tanjungsari Kecamatan Buluspesantren  yang ikut mengharumkan nama Indonesia dari ajang Asean Skill Competition (ASC) 2018.

    Sebanyak 10 negara dengan 332 peserta saling adu ketrampilan dalam even internasional yang digelar di  digelar di IMPACT Exhibition and Convention Centre, Muang Thon Tani Thailand, 26 Agustus-5 September 2018. Mereka dibagi dalam 26 kategori.

    Khafid Fauzi yang saat ini bekerja di PT Toyota Astra Motor (PT TAM) itu menyabet juara ketiga dan meraih perunggu untuk kategori Car Painting.   Diapun mengibarkan bendera Merah Putih di Thailand bersama satu peserta lain Agung Prasetyo dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang meraih Medali of Excellence.

    Perolehan medali keduanya menempatkan delegasi Indonesia di posisi kedua dalam ajang ASC 2018, sedangkan posisi pertama ditempati tuan rumah Thailand.

    Dihubungi Kebumen Ekspres, Sabtu (8/9/2018), Khafid mengungkapkan kebanggaannya. "Ya bangga sih bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia.  Apalagi bisa mengibarkan bendera Indonesia di negeri orang," kata lulusan SMKN 2 Kebumen jurusan TKR tersebut.

    Diakui Khafidz, kompetisi itu tak mudah. Apalagi bersaing dengan peserta dari negara lain. Persiapan matang menjadi kunci keberhasilannya. Latihan intensif selama 6 bulan dilakoni sebelum menuju Thailand.

    "Yang penting kita yakin sama kemampuan yang kita miliki. Selama kita latihan itu juga kita memperhatikan hal hal yang penting mengenai apa yang akan dilombakan . Kita juga harus memahami materikem mengenai proses urutan kerja agar kita tidak kehilangan poin saat perlombaan. Yang penting sholat 5 waktu jangan ketinggalan itu mungkin kunci sukses yang paling penting," paparnya.

    Dalam kesempatan itu, Khafid juga berpesan kepada generasi muda di Kebumen agar selalu berprestasi. " Buat adik-adik atau anak muda Kebumen kita sebagai putra putri Indonesia sekaligus penerus bangsa kita harus bisa memposisikan diri kita. Misalnya kita seorang pelajar ya tugas kita belajar, belajar dengan sungguh-sungguh sehingga apa yang kita cita-citakan pasti akan tercapai," wanti-wantinya.

    Para pemenang ASC 2018 ini, akan diikutsertakan pada ajang yang lebih tinggi yaitu World Skill Asia yang akan berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) yang akan berlangsung dari 24-30 November 2018.

    Ajang kompetisi Car Painting ini setiap peserta diuji untuk mengembalikan kondisi cat mobil yang mengalami kecelakaan ke keadaan semula atau pra-kecelakaan, melakukan perbaikan kecil.

    Peserta dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam mengidentifikasi kode warna menggunakan berbagai metode, mencampur jumlah warna yang tepat untuk formula yang ditentukan sebelumnya, dan menyemprot kartu uji untuk menguji kesesuaian warna ini sesuai dengan warna dan bayangan aslinya.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top