HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Kamis, 20 September 2018

    Masa Puber Perlu Perhatian Serius dari Orangtua

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Orang tua perlu membangun hubungan yang sangat erat pada anak, terlebih pada masa-masa puber. Sebab pada fase itu merupakan masa-masa kritis, sehingga perlu kedekatan khusus orang tua dan anak.

    Hal itu disampaikan oleh Dekan Fakultas Psikologi Mercubuana Jakarta, Muhammad Iqbal PhD, saat menjadi narasumber seminar nasional bertajuk "Mendampingi Remaja di Masa Pubertas" di Kebumen, kemarin.

    Menurut Founder dan CEO Rumah Konseling ini, banyak anak-anak sekarang yang enggan berkonflik, enggan keluar rumah dan tidak mau bergaul. Akhirnya membuat mereka steril dari berbagai masalah, sehingga tidak imun.

    "Yang perlu kita lakukan adalah membangun imunitas pada anak, dia harus mengetahui berbagai persoalan di masyarakat, dia harus tahu berkonflik, menyesuaikan konflik dan menyelesaikan konflik menjadi hal yang lebih baik," paparnya.

    Lebih jauh, dia memaparkan, orang tua harus menjadi contoh bagi anak bahwa inilah yang terbaik. Sebab, pendidikan tanpa keteladanan adalah kesia-siaan.

    "Kemudian bagaimana membuat anak tangguh. Memperkuat pendidikan agama, dampingi mereka beribadah, tunjukan kepada mereka bagaimana beribadah yang baik. Insya Allah anak menjadi tangguh, kuat dan berkembang dengan baik," imbuhnya.

    Lembaga Psikologi Terapan Air Vision menggelar seminar nasional bertajuk "Mendampingi Remaja di Masa Pubertas" di Kebumen, kemarin. Seminar nasional yang digelar oleh lembaga yang berkonsentrasi pada penanganan sumber daya manusia terutama di bidang psikologi dan pendidikan anak itu menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Psikologi Mercubuana Jakarta, Muhammad Iqbal PhD.

    Direktur Lembaga Psikologi Terapan Air Vision, Akbar Yuliastomo, mengatakan seminar tersebut diikuti oleh sedikitnya 230 peserta. Seminar itu, kata Akbar, diadakan sebagai bentuk kepedulian Air Vision sebagai lembaga psikologi yang ingin menyentuh masyarakat Kebumen.

    "Khususnya memberikan pemahaman kepada orang tua, bagaimana keterlibatan orang tua pada pendidikan anak," terang Akbar Yuliastomo, disela-sela acara.

    Menurutnya, momen seminar ini juga sekaligus launching  Sekolah Orang Tua sebagai program baru Air Vision yang rencananya mulai perdana awal Oktober mendatang.

    Akbar berharap program tersebut dapat menjadi bentuk kontribusi Air Vision mengatasi permasalahan generasi muda. "Sehingga perlu kerjasama dengan orang tua. Insya Allah program ini dilakukan secara kontinue di Aula Disarpus Kebumen," ungkapnya didampingi psikolog lembaga psikologi terapan Air Vision, Bunda Rofi.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top