BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Selasa, 18 September 2018

    120 Orang Ikuti Pengkaderan Pengurus NU

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 120 orang mengikuti pengkaderan NU yakni Madrasah Kader NU (MKNU). Kegiatan dilaksanakan oleh Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kabupaten Kebumen. MKNU merupakan pengkaderan yang dikhususkan untuk Pengurus NU baik Syuriah maupun Tanfidziah.

    Ini dilaksanakan kali pertama di Kebumen dan ditempatkan di Pondok Pesanten Al Kahfi Somalangu selama tiga hari yakni Senin-Rabu (17-19/9/2018).

    MKNU mengundang delapan pemateri yang semua berasal dari Pengurus Besar (PB) NU. Selain diikuti oleh Pengurus MWC, dan beberap tokoh NU, banyak pula para Kyai dan Putra kyai (Gus) yang turut serta menjadi peserta. Meski MKNU boleh dipublikasikan, namun panitia melarang awak media mengambil foto. Baik itu foto proses maupun suasana MKNU.

    Salah satu pelateri yang juga merupakan Kepala MKNU Dr Sultonul Huda MSi menyampaikan di NU terdapat lima pengkaderan atau kaderisasi yakni Madrasah Kader NU (MKNU). Pendidikan dan Pengembangan Wawasan Keulamaan (PPWK). Pendidikan Kader Penggerak NU (PKPNU) dan pendidikan kader fungsional serta Profesional NU. “Lima kaderisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan, menguatkan dan memajukan NU,” tuturnya, Senin (17/9).

    Dijelaskannya, untuk MKNU dan PKPNU dilaksanakan oleh PBNU. MKNU untuk pengkaderan struktural NU sedangkan PKPNU untuk warga NU. Kendati demikian setelah Muhtamar NU ke 33 tahun 2015 PKPNU banyak dilaksanakan oleh Struktural NU tingkat provinsi maupun lainnya. “Sejak itu, banyak PKPNU yang dilaksanakan dengan sanad putus dari PBNU,” tegasnya.

    Kendati demikian, Dr Sultonul Huda enggan untuk menjelaskan lebih jauh apa maksud dari PKPNU yang Sanadnya putus dari PBNU.


    Salah satu panitia yakni Pengasuh Pondok Pesantren Al Hasani Jatimulyo Alian Gus Fahrudin Achmad Nawawi berharap acara MKNU dapat berjalan dengan lancar. Pihaknya kembali menegaskan jika PKPNU merupakan pengkaderan yang dilaksanakan bagi Pengurus Struktural NU.


    Sementara itu, salah satu tokoh NU Kebumen Drs H Moh Dawamudin MAg menyampaikan  dalam NU ada beberapa sistem kaderisasi diantaranya yakni MKNU dan PKPNU. Dua-duanya baik dan diterima oleh PBNU. Bedanya, kalau MKNU untuk mereka yang duduk di Struktur Pengurus NU, sedanglan PKPNU untuk yang non struktural. “Saya juga mengapresiasi adanya kegiatan MKNU di Ponpes Al-Kahfi somalangu, kerena itu akan menambah dan memperkuat barisan NU kedepan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top