Honda VARIO

  • Berita Terkini

    Selasa, 14 Agustus 2018

    STIE PB Kebumen Gelar Pelatihan Applied Approach

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa (STIE PB) Kebumen melaksanakan pelatihan Applied Approach (AA). Kegiatan itu dipusatkan di Aula Ronggowarsito STIE Putra Bangsa, Senin (13/8/2018).

    Pelatihan dibuka oleh Kabid Akademik dan Kelembagaan LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Hendradi Sulistyawan SH dengan didampingi Ketua STIE Putra Bangsa Gunarso Wiwoho SE MM. Hadir dalam pembukaan perwakilan narasumber yakni Prof Dr Sunandar serta Ketua Panitia Ibu Prihartini Budi Astuti SE MSi. Turut hadir pula dalam acara pembukaan Wakil Ketua I,  II, III  Kepala Pusat Jaminan Mutu serta Kepala Program Studi Akuntansi dan Manajemen.

    Pelatihan juga dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas dosen, khususnya dalam proses pembelajaran. “Pelatihan akan digelar selama empat hari mulai 13 hingga 16 Agustus mendatang. Adapun peserta sejumlah 44 dosen yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan pekerti atau peningkatan keterampilan teknik instruksional,” tutur Ketua Panitia Pelatihan Prihartini Budi Astuti SE MSi.

    Dijelaskannya, dari 44 peserta, 22 diantaranya merupakaan dosen dari STIE Putra Bangsa. Untuk 22 peserta lainnya tersebar dari berbagai perguruan tinggi seperti STT Ronggolawe Cepu, STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyah Cilacap, Politeknik Darma Patria Kebumen, Politeknik Sawunggalih Aji Kutorajo, STIE Tamansiswa Banjarnegara, Akper Yakpermas Banyumas, Akper Serulingmas Cilacap, STIKES Muhammadiyah Klaten, UMNU Kebumen, STISIP Bina Putera Banjar, STIE AUB Surakarta serta Universitas Gunadarma. “Pelatihan yang terselenggara atas kerja sama STIE Putra Bangsa dengan LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah,” terangnya.

    Dalam sambutannya Hendrawadi Sulistyawan SH berpesan agar setiap peserta yang mengikuti pelatihan AA tersebut bisa mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dalam bidang ilmunya masing-masing. Tujuan utama Pelatihan Applied Approach (AA) adalah meningkatkan kompetensi dan kapabilitas para dosen muda.

    Kompetensi ditingkatkan dalam merancang, melaksanakan, dan menilai proses hasil pembelajaran yang inovatif, inspiratif, dan kreatif. Ini  diwujudkan dalam bentuk karya nyata berupa bahan ajar atau bahan kajian mata kuliah yang diampu dalam pembelajaran. Selain itu juga digunakan sebagai sumber belajar selama perkuliahan, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas lulusan secara optimal,” jelasnya.

    Ketua STIE Putra Bangsa Gunarso Wiwoho dalam sambutannya menyampaikan selama beberapa hari para peserta akan mendapatkan serangkaian materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber. Materi meliputi Kebijakan LLDIKTI dan Manajemen Mutu Terpadu, Evaluasi Proses Pembelajaran dan Program Pendidikan, Etika dan Moral.

    Selain itu ada materi Konstruktivisme dalam Pembelajaran, Penilaian Alternatif dan  Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Materi Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum, ragam Media Interaktif dalam Pembelajaran dan Rekonstruksi mata Kuliah  juga akan disampaikan. “Beberapa narasumber yakni Prof. Dr DYP Sugiharto MPd Prof Dr Sunandar MPd, Dr Katharina Ruspita MPd, Dr Peni Pujiastuti MSi serta Wawan Laksito YS SSi Mkom,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top