HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Senin, 20 Agustus 2018

    Serunya Lomba Panjat Pinang di Desa Kalijaya Alian

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Semarak Agustusan terasa di berbagai penjuru Kabupaten Kebumen. Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh masyarakat untuk memeriahkan HUT ke 73 RI. Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Darul Maarif dan masyarakat RT 1, 2 dan 3 RW 3 Dukuh Lengkong  Desa Kalijaya Alian menggelar serangkaian kegiatan lomba, mulai dari anak-anak, remaja hingga panjat pinang untuk orang dewasa.

    Lomba dilaksanakan selama dua hari yakni Jumat (17/8) dan Minggu (19/8/2018). Hari Sabtu (18/8) tidak ada kegiatan lomba, untuk menghormati Karnaval Kebumen. Berbagai lomba meliputi Sepak Bola Anak, Tarik Tambang Ibu-ibu dan Sepak Bola Daster “Basur CUP”. Selain itu Estafet Kelereng, Makan Krupuk, Balap Karung, Pecah Air, Memasukkan Air  ke Dalam Botol, Balap Karung, Joget Balon dan Pukul Air.  Puncaknya dilaksanakan panjat pinang, yang diperebutkan oleh  tiga group.

    Dari Pantaun Ekspres, untuk panjat pinang, setiap group diberi waktu selama tiga menit oleh panitia. Sorak dan gelak tawa para penonton pun selalu menghiasi kegiatan tersebut. Para peserta terlihat tampak kesulitan untuk memanjat, sebab batang pinang yang tertancap licin karena dipenuhi oil dan disiram air. Awalnya setiap group hanya terdiri dari lima peserta. Namun setelah beberapa waktu, panitia memberi kebijakan setiap tim boleh menambah satu lagi peserta.

    Salah satu pengajar  TPQ Darul Maarif Dukuh Lengkong Kalijaya Kusriyah SHI menyampaikan, panjat pinang memang klasik namun tetap asik. Selain itu panjat pinang juga memantang. Lomba juga mendapat dukungan oleh para perantauan warga Dukuh Lengkong Kalijaya. Tak hanya warga, peserta lomba juga melibatkan para Mahasiswa Unsoed Purwokerto yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa tersebut. “Beberapa mahasiswa yang KKN juga turut menjadi peserta untuk meramaikan lomba-lomba,” tuturnya, Minggu (20/8/2018).

    Ketua Panitia Pelaksana Miftahul Huda menyampaikan, terdapat berbagai hadiah dalam lomba-lomba tersebut. Khusus untuk panjat pinang total hadiah yang ada mencapai Rp 2 juta. Itu tersaji dalam bentuk barang dan uang tunai. “Ada uang tunai, perkakas rumah tangga dan lainnya hadiah lainnya,” jelasnya.

    Meski setiap group harus berkompetisi satu sama lain, lanjutnya,  namun semua peserta panjat pinang pasti mendapatkan hadiah. Sebab panitia telah mengatur hadiah mulai dari tim pertama hingga ketiga. “Semua peserta panjat pinang, nantinya akan pasti akan mendapatkan hadiah,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top