• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Sabtu, 04 Agustus 2018

    MTs Negeri 1 Kebumen Kini Punya Perpustakaan Digital

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H Imam Tobroni SAg MM didampingi oleh Kasie Pendidikan Madrasah H Ahmad Nasihudin MPdI meresmikan Perpustakaan MTs Negeri 1 Kebumen dengan sistem digital. Peresmian dilaksanakan di ruang perpustakaan MTs Negeri 1 Kebumen, beberapa waktu lalu.

    Perpustakaan menggunakan sistem digital ini dilaksanakan oleh MTs Negeri 1 Kebumen pada tahun ajaran 2018/2019. Penggunaan sistem digital di perpustakaan merupakan langkah maju untuk budaya literasi secara elektronik.

    Adanya perpustakaan digital juga disambut baik oleh Imam Tobroni. Pihaknya menyampaikan ini membuktikan bahwa perpustakaan MTs Negeri 1 Kebumen respek terhadap kemajuan teknologi informasi yang mulai serba digital. Dimana siswa jaman Now lebih senang membaca dengan perangkat elektronik karena lebih mudah.

    Pihaknya berharap penabahan layanan digital akan meningkatkan budaya literacy dan menarik para siswa untuk berkunjung ke perpustakaan. “Siswa sebagai generasi muda penerus bangsa harus punya budaya membaca. Ini  agar bangsa Indonesia tidak hanya menjadi penonton dalam kemajuan sains dan ilmu pengetahuan. Kita seharusnya tidak menjadi konsumen produk-produk sains tetapi harus juga menjadi subyek sains dan ilmu pengetahuan,” tegasnya.

    Plt Kepala MTs Negeri 1 Kebumen Salim Wazdy SAg MPd menjelaskan perpustakaan digital merupakan pengembangan dari perpustakaan konvensional yang selama ini berjalan. Pengembangan ini menjadi sebuah keharusan untuk memaksimalkan pelayanan dan meningkatkan budaya baca. Perpustakaan digital akan sangat membantu dengan mempermudah akses perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan. “Sehingga siswa tidak terkungkung dalam sekat-sekat buku cetak yang tersedia di perpustakaan yang masih konvensional,” paparnya.

    Sementara itu, Kepala Perpustakaan MTs Negeri 1 Kebumen Dra Hj Kriswati MAg menjelaskan selain perpustakaan digital, juga tetap mempertahankan koleksi cetak yang sudah ada dan menambah sumber informasi digital. Perpustakaan yang memiliki koleksi dalam bentuk cetak dan digital sering disebut dengan perpustakaan hybrid (hibrida), bukan perpustakaan digital sepenuhnya.

    Koleksi cetak dikembangkan dengan fasilitas automatis, sedangkan koleksi digital dilayankan secara online. Perpustakaan digital tentunya akan menambah koleksi referensi buku belajar siswa. Sekarang ini tercatat ada 19.790 buku refernsi dengan 3.284 judul buku. Software  perpustakaan digital bekerja sama dengan PT Telkom Magelang. Kini perpus MTs Negeri 1 Kebumen juga link dengan perpustakaan Nasional. “Saya sangat berharap perpustakaan digital akan menjadi faktor penting dalam peningkatan prestasi akademik maupun non akademik siswa MTs Negeri 1 Kebumen,” ucapnya. (mam) 

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top