BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Sabtu, 25 Agustus 2018

    Kebumen Raih Juara II Duta Baca Provinsi Jateng

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kabupaten berselogan Beriman ini tak henti-hentinya mengukir prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional. Baru-baru ini wakil dari Kabupaten Kebumen Novanda Alim Setya Nugraha SS MHum berhasil mendapat juara II Pemilihan Duta Baca Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2018.

    Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah pada Selasa, (21/8/2018) kemarin. Turut serta mendampingi dalam kegiatan itu Kasi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Kabupaten Kebumen Siti Honimah SE MM.

    Dalam pemilihan Duta Baca itu, Novanda harus bersaing dengan 10 nominator terbaik yang telah dijaring dari rangkaian seleksi. Ini meliputi seleksi administrasi, esai, dan program kerja duta baca.

    Dari 10 orang nominator tersebut, harus bersaing secara ketat untuk meraih perhatian tiga orang juri. Ini dilaksankan dengan presentasi/paparan profil diri, visi misi, program kerja, dan rencana ke depan jika terpilih menjadi duta baca.

    Adapun dewan juri diketuai oleh dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Undip Dr Teguh Yuwono Mpol. Selain itu terdapat dua juri anggota yakni praktisi radio Nadya Ardiwinata serta pustakawan ahli madya Titik Rahajoe.

    Sekedar informasi Novanda sendiri merupakan mantan Mas Duta Wisata Kabupaten Kebumen tahun 2012. Kini Novanda juga menjadi dosen muda di Kampus Institut Teknologi Telkom (ITT) Purwokerto.

    Dalam ajang pemilihan Duta Baca tersebut Novanda berhasil memaparkan program kerjanya yang telah dilaksanakan. Ini meliputi pemberdayaan 25 orang Ibu-ibu melalui kegiatan “Bunda Baca”. Setiap Senin dan Jumat pagi sebelum senam aerobik dimulai oleh Novanda  Ibu-ibu diajak untuk melaporkan hasil bacaan dari buku yang mereka pinjam. “Kegiatan ini telah berlangsung sejak tahun 2014 di Desa Wisata Adiluhur, Kecamatan Adimulyo. Dimana ada dua obyek wisata utama yaitu Taman Reptil Adiluhur (TARA) dan Kampung Wisata Inggris Kebumen (KWIK),” jelasnya.

    Selain itu, Novanda juga membuka ruang “Pojok Baca” yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan yang berkunjung di kedua obyek wisata tersebut. Di kampus, Novanda juga membuat terobosan berupa program kunjungan perpustakaan bagi mahasiswanya yang diberi nama “Sapa Perpustakaan” dan “Novel Review”.

    Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen, Anna Ratnawati SKM MSi mengapresiasi kemenangan Novanda yang meraih terbaik II Duta Baca Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pemilihan Duta Baca merupakan kali pertama diadakan. “Kemenangan tidak lepas dari bimbingan yang dilakukan jauh sebelum kompetisi dilaksanakan. Ke depan harapannya akan ada wakil Kabupaten Kebumen lainnya yang mengikuti ajang serupa,” katanya.

    Di Kebumen sendiri kegiatan Pemilihan Duta Baca Daerah Tingkat Kabupaten baru akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2019 mendatang. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  Kebumen akan menggelar ajang Pemilihan Duta Baca tingkat Kabupaten. Tujuannya yakni  menemukan sosok figur Duta Baca yang mampu sebagai penggerak, motivator dan mengkampayekan gerakan nasional pembudayaan gemar membaca dan literasi kepada semua masyarakat secara sinergis dan berkelanjutan. “Kegiatan tersebut akan menjadi salah satu kegiatan dari rangkaian acara bertajuk “Literacy Fair 2019” tingkat Kabupaten Kebumen,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top