HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Minggu, 05 Agustus 2018

    Hargai Pejuang Kemerdekaan, Relawan Gertaks Bersihkan Monumen Kemit

    istimewa
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Kemerdekaan Republik Indonesia diraih dengan pengorbanan luar biasa dari para pejuang yang merelakan harta benda bahkan nyawa. Sudah selayaknya generasi penerus bangsa ini menghargai dan meneruskan semangat perjuangan para pahlawan.

    Sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan kemerdekaan, relawan  GERTAK'S melakukan aksi bersih-bersih dan pengecatan kembali Tugu serta monumen Kemit, Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar, Minggu (5/8/2018).

    Dalam aksi ini, mereka juga menggandeng lembaga dan instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), jajaran Koramil serta tak lupa Polsek. Dengan antusias, mereka membersihkan dan mengecat kembali salah satu tugu dan monumen bersejarah di Kebumen tersebut.

    Pembina Gertaks, Herwin Kunadi menyampaikan, aksi kali ini sebagai bentuk ajakan kepada pemerintah dan generasi muda agar peduli terhadap perjuangan bangsa. Salah satu yang bisa dilakukan, dengan merawat semua aset yang mengingatkan tentang arti penting perjuangan bangsa.

    "Kami harap warga dan juga pemerintah bisa lebih peduli dengan semua hal yang mengingatkan tentang arti perjuangan bangsa," katanya didampingi Koordinator kegiatan,Bambang.


    "Ke depan kami masih akan terus berupaya menjaga dan melestarikan semua aset yang berkaitan dengan perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah," imbuhnya.

    Monumen Kemit memang merupakan bangunan bersejarah di Kebumen. Monumen ini dibangun sebagai pengingat peristiwa sejarah pertempuran sengit antara pasukan republik, tentara pelajar dan pasukan Belanda pada masa Agresi Militer Belanda.

    Ekspansi Belanda saat Agresi I mencapai Gombong dan menetapkan Kali Kemit sebagai Garis Demarkasi/Garis Status Quo. Pada 19 Desember 1948, pecah pertempuran antara pejuang dan Belanda. Peristiwa tersebut diabadikan dengan didirikannya monumen Kemit oleh pemerintahan Kabupaten Kebumen. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top