HONDA VARIO

  • Berita Terkini

    Jumat, 31 Agustus 2018

    Desa Tegalretno Dicanangkan Jadi Kampung KB

    istimewa
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Desa Tegalretno Kecamatan Petanahan terus menggeliat dengan upaya pembangunan.  Terbaru, desa yang berada di kawasan pesisir selatan Kebumen itu dicanangkan sebagai kampung KB.

    Pencanangan dipusatkan di RW II atau dukuh Ubil yang mulai saat ini telah menjadi kampung KB.  Untuk menandai RW II sebagai kampung KB, warga setempat membangun sebuah tugu selamat datang atau gapura. Gapura berwarna biru itu bertuliskan "Selama Datang di Kampung KB RW II Desa Tegalretno". Pencanangan Desa Tegalretno sebagai Kampung KB digelar secara meriah pada Selasa (28/8/2018).

    Dalam kesempatan ini, Camat Petanahan, Sri Kuntarti dan Tim Dinsos PPPKB diarak menggunakan kuda. Mengambil start di balai desa, mereka diarak menuju Gapura yang berlokasi di RW II. Di RW yang merupakan perbatasan Desa Tegalretno dengan Ampelsari, ini peresmian digelar.

    Hadir pula, jajaran pemerintah desa dan segenap tokoh masyarakat berikut kelembagaannya.

    Kepala Desa Tegalretno, Supriyanto, dalam sambutannya menyampaikan dijadikannya Tegalretno sebagai kampung KB tingkat Kecamatan Petanahan diharapkan dapat menjadi sebuah solusi bagi permasalahan kependudukan yang ada di desa Tegalretno. Di desa itu, terdapat 2341 jiwa dengan jumlah kepala keluarga (KK) 703. Dari jumlah itu, jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) 438.  Adapun kesertaan ber-KB sebanyak 76,48 % dari jumlah PUS.

    "Kampung KB sebagai miniatur dari pelaksanaan program KB mencoba memadukan konsep pembangunan terpadu bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat," katanya.

    Kades meyakini, keberhasilan pencapaian program KKBPK dalam suatu wilayah akan sangat mendukung kemajuan di bidang pembangunan lainnya.

    Ke depan, tidak menutup kemungkinan Desa Tegalretno akan terus menggali potensi. Salah satunya, mengembangkan Wisata Laguna Nyi Ronggeng.  Pembukaan daerah wisata ini diharapkan bakal semakin meningkatkan ekonomi rakyat desa yang disebutnya desa Pakistan (pantai kisik selatan) itu.

    "Oleh karena itu kami sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak dalam upaya mengembangkan  potensi Alam yang ada di wilayah desa Tegalretno," ujarnya bersama Perangkat Desa Tegalretno, Teguh Priyatno.

    Sementara itu, dalam sambutannya Camat Petanahan Dra Sri Kuntarti  menyampaikan apresiasi kepada warga Desa Tegalretno. Antusiasme warga begitu terasa saat pencanangan Kampung KB kemarin.  "Kami berharap agar nantinya progam KB tetap bergelora di masyarakat, ujar Camat yang bersama Kabid PS Dinsos PPKB, Didi Suratno.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top