HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Jumat, 24 Agustus 2018

    Banyak Pedagang dari Banjarnegara Masuki Daerah Perbatasan Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Letak geografis yang lebih dekat ke Banjarnegara, membuat sejumlah warga desa di Kecamatan Karanggayam mengandalkan kebutuhannya sehari-hari dari kabupaten tetangga itu. Salah satunya warga Desa Ginandong Kecamatan Karanggayam ini.

    Kepala Desa Ginandong, Karsono, mengatakan setiap pagi banyak sekali pedagang dari Banjarnegara menjajakan dagangan di wilayahnya. "Untuk keperluan (memenuhi kebutuhan) sayur mayur, warga kami tak perlu pergi jauh-jauh. Setiap hari sudah ada pedagang dari Banjarnegara yang berkeliling," ujarnya ditemui, belum lama ini.

    Warga pun dengan senang hati menyambut kedatangan para pedagang luar daerah itu. Selain karena tak perlu pergi jauh, harga sayuran yang ditawarkan pedagang dari Banjarnegara itu murah harganya.

    "Dengan cuaca yang dingin, wilayah Banjarnegara memang cocok ditanami sayuran. Bahkan Banjarnegara merupakan daerah penghasil sayuran, oleh karena itu mereka menjualnya dengan harga relatif murah," imbuhnya.

    Transaksi semakin mudah, karena Desa Ginandong dilewati jalan tembus Kebumen-Banjarnegara. Jalan yang berada tepat di depan balai desa Ginandong itu bahkan diklaim Karsono merupakan jalan pintas paling cepat untuk akses penghubung Banjarnegara-Kebumen.

    "Setiap pukul 04.00 pagi sampai pagi, banyak sekali pedagang Banjarnegara lewat jalan itu. Selain pedagang keliling, ada juga pedagang besar dari Banjarnegara yang memasok sayuran di pasar-pasar Kecamatan Karanggayam," ujarnya.

    Karsono bahkan berharap, nantinya jalan tembus itu akan menjadi jalur utama Kebumen-Banjarnegara. Oleh karena itu, dia berharap pemerintah bisa meningkatkan kondisi jalan yang kini masih belum terlalu bagus itu.

    "Kalau bisa, jalan ini diperlebar, karena saat ini lebarnya hanya 4 meter. Kalau kondisinya bagus, roda perekonomian warga akan semakin meningkat. Apalagi, ada juga warga kami yang juga mencari nafkah berdagang di Banjarnegara," ujarnya. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top