Honda VARIO

  • Berita Terkini

    Jumat, 31 Agustus 2018

    Bangun Hutan Kota, Pemkab Kebumen Gelontorkan Rp 1,6 Miliar

    imam/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pemkab Kebumen tampaknya benar-benar serius dalam menjaga kelestarian lingkungan. Ini terlihat dengan keseriusan pemkab dalam membuat hutan kota. Tahun ini, digelontorkan dana sebesar Rp 1,6 miliar lebih untuk melakukan penataan Hutan Kota.

    Hutan kota terletak di Jalan HM Sarbini Kebumen, tepatnya di sebelah Utara Stadion Chandradimuka. Kawasan yang dulunya sawah, ke depan akan disulap menjadi hutan kota yang sejuk, rindang dan asri.

    Dari pantauan Eskpres, Kamis (30/8/2018), sejumlah pembenahan sedang dilakukan pada hutan kota yang rencananya sebagai kawasan hijau. Terlihat beberapa alat berat seperti bego sedang meratakan tanah urugan. Sejumlah kompos, seperti pupuk kandang dan sekam padi juga terlihat di area tersebut.

    Selain itu tumpukan meterial tanah mengantri untuk diratakan. Proyek diharap oleh CV Indra Purnama dari Cilacap. Dimulai 20 Agustus dan rencananya proyek akan selesai 31 Desember 2018 mendatang.

    Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen Edi Rianto ST MT melalui Kasi Pertamanan Puguh Supriyanto ST mengatakan pembangunan hutan kota tahun 2018 meliputi beberapa hal, yakni pengurukan lahan, pembuatan pagar samping dan saluran drainase. “Proyek tersebut diharapkan selesai dengan baik di tahun 2018 ini,” tuturnya.

    Pembuatan saluran drainase, lanjut Puguh, sangat penting. Bukan hanya untuk hutan kota saja, drainase juga diperlukan untuk menyuplai kebutuhan air pada sawah masyarakat  yang berada di wilayah Timur hutan kota."Semoga dapat dilaksanakan tepat waktu dan tidak ada kendala," ungkapnya.

    Pembangunan hutan kota tidak hanya dilaksanakan pada tahun 2018 ini saja. Rencananya pembangunan masih akan berlanjut hingga tahun berikutnya yakni 2019 mendatang. Pada tahun 2019 nanti, hutan kota akan mulai ditanami pohon besar, pohon langka, dan tanaman hias. Selain itu hutan kota juga aka ditanami berbagai tanaman obat-obatan. "Hutan kota akan menjadi paru-paru Kota Kebumen. Adanya hutan kota diharapkan juga turut memajukan perekonomian, serta menjaga kesehatan lingkungan," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top