• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Kamis, 16 Agustus 2018

    Asyik, Rute Karnaval Pembangunan Kebumen Tahun ini Lebih Panjang

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Pemkab Kebumen kembali menggelar karnaval pembangunan untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI. Event tahunan yang selalu ditunggutunggu masyarakat Kebumen itu bakal digelar Sabtu (18/8/2018) lusa mulai pukul 08.00 WIB.

    Kabar baiknya, tahun ini rute  karnavalbakal diperpanjang hingga melewati Mertokondo-Tembana-Ronggowarsito Pejagoan. “Untuk start dan finish tetap di Alun-alun Kebumen, hanya memang ada tambahan rute sekitar tiga kilometer dari karnaval sebelumnya,” tutur Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Azzam Fathoni kepada Ekspres, Rabu (15/8/2018).

    Azam menuturkan, karnaval akan dimulai pukul 08.00 WIB.  Rute yang ditempuh peserta adalah Alun-alun Kebumen- Jalan Pahlawan-Jalan A Yani- Jalan Kutoarjo-Jalan Tentara Pelajar-Jalan HM Sarbini-Mertokondo- Tembana-Jalan Lingkar Pejagoan-Lampu Bangjo Pejagoan-Jalan Ronggowarsito dan berakhir di Alun-alun Kebumen.


    Untuk panggung kehormatan akan ditempatkan di depan dealer Mataram Sakti Jalan Pahlawan. Ditambahkan Azam, penambahan rute karnaval bertujuan agar semua peserta karnaval bisa dilihat oleh masyarakat.

    Dari hasil evaluasi, lanjut Azam, selama ini rombongan peserta karnaval yang berangkat lebih awal, tiba di Alun-alun sebelum rombongan terakhir diberangkatkan.
    “Istilahnya ekornya belum berangkat, yang bagian kepala sudah tiba lebih dulu di alun-alun,” kata Azzam sembari mengatakan jika tema karnaval tahun ini adalah Karnaval Pembangunan, Budaya dan Potensi Daerah.

    Menurut Azam, kondisi ini terjadi karena membludaknya peserta karnaval yang rata-rata mencapai 200 peserta setiap tahun. Disisi lain, penambahan rute karnaval juga bertujuan tidak terjadi penumpukan penonton di sejumlah titik. Lazim diketahui selama ini Tugu Lawet dan depan Pasar Tumenggungan selalu menjadi tempat favorit masyarakat untuk menonton karnaval yang akhirnya menimbulkan kemacetan.

    “Besok masyarakat tak harus ke alun-alun atau Tugu Lawet. Masyarakat yang dari Kebumen selatan dan barat bisa nonton di Pejagoan, untuk yang dari Karangsambung
    atau Sadang bisa di Mertokondo. Demikian pula yang dari Karanggayam Peniron bisa di Tembana. Jangan kuatir, semua peserta karnaval pasti akan lewat rute yang sudah ditentukan,” beber Azam.(has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top