HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Senin, 27 Agustus 2018

    500 Peserta Semarakkan Festival Egrang Nusantara Rembang

    KHOLID HAZMI/RADAR KUDUS
    REMBANG – Ratusan warga yang berasal dari berbagai instansi dan sekolah jalan kaki dengan mengenakan egrang saat Festival Egrang Nusantara kemarin. Mereka jalan dengan menjaga keseimbangan mulai dari Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang sampai ke alun-alun. Beberapa peserta mengalami kram dan kaki terluka begitu sampai di garis finish.

    Festival Egrang Nusantara ini, menjadi kegiatan penutup rangkaian HUT ke-277 Kabupaten Rembang dan Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (RI). Festival ini diikuti 112 tim peserta.

    Peserta dengan total lebih dari 500 orang dilepas oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz. Garis start persis di depan Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang, di Jalan dr. Soetomo. Peserta berjalan ke timur menuju garis finish di Alun-alun Rembang.

    Mereka berasal dari OPD, karyawan BUMN, sekolah, kecamatan, hingga desa. Satu tim terdiri dari lima orang. Mereka diperbolehkan menghias egrang yang dipakai. Peserta juga boleh mengenakan kostum unik dengan berbagai aksesori. Seperti kostum wayang, tokoh punakawan, hingga badut.

    ”Festival egrang ini digelar sebagai bentuk pelestarian seni budaya. Ini budaya lokal yang harus dibudayakan. Selain itu, juga untuk hiburan dan media perekat warga,” ungkap Bupati Rembang Abdul Hafidz.

    Para peserta tidak hanya berjalan sampai garis finish. Penampilan mereka juga dinilai. Mulai dari kelincahan memainkan egrang sampai keindahan penampilan. Terutama penampilan dari sisi kostum.

    Tak semua peserta melalui rute dengan mulus. Tak sedikit peserta yang sesekali jalan tanpa egrang, karena kelelahan. Ada juga peserta yang terjatuh beberapa meter sebelum sampai di garis finish karena kram kaki. Beberapa peserta lain juga terluka di kaki karena terjatuh. (lid/lin)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top