HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Rabu, 04 Juli 2018

    Pra TMMD Sengkuyung II dilaksanakan di Sidomukti

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II Kodim 0709/Kebumen tahun 2018 yang dilaksanakan di Desa Sidomukti Kuwarasan telah dimulai.  Pembukaan dilaksanakan dengan menggelar syukuran dan selamatan di Gedung Pertemuan dan Sekretariat Gapoktan Murah Rejeki desa setempat, Senin (2/7/2018).

    Syukuran dan selamatan dilaksanakan dengan menggelar doa, dan makan ingkung bersama. Acara juga diikuti oleh anggota TNI kodim 0709/Kebumen, Pemerintah Desa serta masyarakat Desa Sidomukti. Dalam acara tersebut juga dilaksanakan juga apel, yang dihadiri oleh Camat Kuwarasan.

    Bati Bakti TNI Kodim 0709/Kebumen Pelda Harianto dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Pra TMMD Sengkuyung Tahap II tahun anggaran 2018  akan berlangsung selama 10 hari. Yakni dimulai 2 hingga 9 Juli mendatang. Sedangkan kegiatan TMMD berlangsung selama 30 hari dibuka. Secara resmi akan dibuka pada 10 Juli mendatang. “TMMD Sengkuyung Tahap II akan dilaksanakan hingga 8 Agustus 2018 mendatang,” tuturnya

    Pihaknya berharap masyarakat ikut menyengkuyung kegiatan tersebut bersama dengan TNI dan pemerintah. Dengan demikian maka dapat tercapai apa yang dimaksud dari kegiatan TMMD. “Salah satu yang tujuan TMMD yakni meningkatkan sikap gotong-royong sebagai ciri khas masyarakat Indonesia,” tegasnya.

    Pelda Harianto menyampaikan, dalam kegiatan pra TMMD masyarakat bersama anggota TNI kodim 0709 Kebumen akan mulai menggarap salah satu sasaran fisik yakni pembangunan jalan rabat beton dan melaksanakan pendampingan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Dukuh Wojo desa setempat. “Mudah-mudahan semua dapat berjalan dengan lancar. Untuk pembuatan jalan rabat beton dilaksanakan panjang 624,58 M dan Lebar 2,75M dengan Tinggi 0,15 M.
    2. Sedangkan rehap rumah tak layak huni sebanyak 11 unit,” katanya.

    Pelda Harianto menambahkan, tujuan TMMD yakni meningkatkan kelancaran arus transportasi yang menunjang sarana transportasi di perdesaan. Selain itu meningkatkan sarana-prasarana kesehatan ibadah serta ketertiban dan keamanan lingkungan. TMMD juga diharapkan mampu merangsang masyarakat untuk membangun desanya.

    TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI. Ini merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan pemerintah dan juga lembaga non pemerintah. “Selain itu TMMD juga dilaksanakan dengan komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terrintegrasi bersama masyarakat. Ini guna meningkatkan kegiatan pembangunan di daerah pedesaan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top