Honda

Honda
Jogja
  • Berita Terkini

    Selasa, 24 Juli 2018

    Pokdarwis KWIK Juara 2 Lomba Konvensi Tingkat Jateng

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Setelah bersaing ketat dengan 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, akhirnya perwakilan Kabupaten Kebumen yang diwakili oleh Pokdarwis KWIK Berkah Mandiri, berhasil mendapat juara 2 Lomba. Ini terjadi Lomba  Konvensi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se-Provinsi Jawa Tengah 2018 di Lapangan Waduk Malahayu Kabupaten Brebes, (20-22/7/2018).

    Dibawah bimbingan Disporawisata Kabupaten Kebumen yang Pokdarwis KWIK Adiluhur Kecamatan Adimulyo berhasil mengungguli beberapa pesaing terberat seperti Kabupaten Semarang dan Kota Semarang. Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut tersebut, dilakukan berbagai penilaian yang meliputi tes tertulis, paparan profil pokdarwis, studi kasus, sapta pesona, fun game, yel-yel, atraksi seni, dan gelar produk.

    Dalam berbagai aspek penilaian itulah Pokdarwis KWIK selalu unggul dan berhasil mencuri perhatian. Ini salah salah satunya terjadi pada stand yang paling ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Mereka penasaran dengan berbagai koleksi reptil seperti ular dan iguana. Binatang-binatang tersebut yang dibawa langsung dari salah satu objek wisata yang dikelola oleh Pokdarwis KWIK Berkah Mandiri yaitu Taman Reptil Adiluhur (TARA).

    Dalam ajang tersebut, Kabupaten Kebumen juga berhasil terpilih sebagai salah satu dari enam pengurus Tim Formatur Ikatan Pokdarwis se-Jawa Tengah mewakili Karisidenan Kedu. Dalam hal ini diwakili oleh Novanda Alim Setya Nugraha SS Mhum yang merupakan Ketua Pokdarwis KWIK Berkah Mandiri Desa Wisata Adiluhur.

    Novanda menyampaikan sebagai juara 2, Pokdarwis KWIK Berkah Mandiri berhasil mendapat uang pembinaan, Sertifikat dan Tropi kejuaraan, serta study banding di Kemenpar. Hadiah diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Disporawisata Jawa Tengah Urip Sihabudin SH MH. “Keberhasilan Pokdarwis KWIK Berkah Mandiri tidak lepas dari perjuangan dan dukungan dari semua pihak seperti Pemkab Kebumen. Dalam hal ini Disporawisata Kabupaten Kebumen terus konsisten melakukan bimbingan kepada kami jauh-jauh hari,” jelasnya, Senin (23/7/2018).

    Selain Disporawisata, KWIK juga mendapat dukungan dan binaan dari Kecamatan Adimulyo dan Pemdes Adiluhur. Selain itu, Pokdarwis KWIK Berkah Mandiri juga mendapat dukungan penuh dari warga Desa Adiluhur yang telah lama diajarkan dan diberdayakan dengan berbagai keterampilan. “Itu seperti Bahasa Inggris yang dilaksanakan oleh Paguyuban Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Kebumen secara gratis sejak tahun 2014,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top