• Berita Terkini

    HONDA SPORT 2019 30 Juni

    Sabtu, 28 Juli 2018

    Perampok Diringkus di Brebes

    POLSEK BREBES FOR RATEG
    PEMALANG – Perampokan terhadap nasabah bank dengan modus pecah kaca mobil kembali terjadi di Pemalang. Akibatnya, korban  kehilangan uang senilai Rp 150 juta. Polisi bertindak cepat dan berhasil meringkus kawanan pelaku di Brebes.

    Kapolres Pemalang AKBP Agus Setyawan, melalui Kasat Reskrimnya AKP Suhadi membenarkan penangkapan terhadap pelaku perampokan di Brebes itu oleh Polda Jateng. Dalam menjalani aksinya di Pemalang kemarin, kawanan perampok sudah membuntuti korbannya usai menarik uang di Bank BCA Cabang Pemalang.

    ”Setelah kita melakukan penyidikan, mempelajari rekaman CCTV, baik di bank dan musala dekat TKP, pelaku sudah membuntuti korbannya sejak di bank. Kita melakukan pengejaran dengan berkoordinasi dengan Polda Jateng. Hari ini (kemarin) pelaku ditangkap di sebuah rumah kos di Brebes,” kata AKP Suhadi kemarin (27/7/2018).

    Dia menjelaskan, peristiwa perampokan itu terjadi pada Kamis (26/7), sekitar pukul 09.30. Saat itu, korban yang bernama Muhammad Salam, 47, datang ke BCA mengendarai mobil Toyota Vellfire B 2783 SCT. Usai menarik uang, korban mampir ke rumah saudaranya di Jalan Semeru, Mulyoharjo, Pemalang. Tidak lama setelah itu, korban mengetahui kaca mobilnya pecah dan uang senilai Rp 150 juta yang diletakkan di lantai jok samping kemudi sudah raib.

    ”Pelaku dua orang berkendara sepeda motor, memecah kaca kiri bagian depan. Setelah mengambil uang, pelaku kabur ke arah barat,” jelasnya.

    Dia menuturkan, kawanan pelaku diduga merupakan spesialis dan sudah sering melakukan aksinya di beberapa kabupaten, bahkan juga antar pulau.
    EMPAT DIBEKUK, DUA KABUR

    Sementara itu di terpisah, tim gabungan dari Polda Jateng dan Polres Brebes melakukan penangkapan terhadap para pelaku aksi perampokan nasabah bank, Jumat (27/7). Kawanan perampok tersebut dibekuk di sebuah rumah kos di Jalan Saditan Indah II, Kelurahan Brebes.

    Proses penangkapan diawali dengan pengintaian sejak Jumat pagi. Polisi gabungan menyisir sejumlah rumah kos di kawasan kampung Saditan, Kelurahan Brebes untuk mencari keberadaan pelaku.

    Dalam penyisiran itu, petugas menyamar sebagai tukang yang akan melakukan pengecetan di salah satu rumah kos di Saditan Indah III. Namun karena pelaku tidak diketemukan, penyisiran dilanjutkan di rumah kos lain di kawasan yang sama di Saditan Indah II.

    Kali ini, polisi berpura-pura sebagai sales yang sedang mencari kos. Beberapa rumah disisir. Alhasil, petugas menemukan lokasi persembunyian komplotan perampok tersebut. Di rumah kos milik Abu, 58, warga Saditan Indah II, ada enam orang pelaku perampokan yang menyewa dua kamar kos.

    Setelah dilakukan pengepungan, polisi bergerak masuk dan menyergap para pelaku. Dari penyergapan tersebut, tiga orang berhasil diamankan. Dua lainnya kabur dengan cara melompat dari lantai dua. Sedangkan seorang lagi diamankan warga setempat sesaat setelah polisi meninggalkan lokasi.

    Warga menemukan pelaku saat bersembunyi di ruang WC kamar kos. Mereka langsung mengeroyok hingga babak belur. Selain menangkap tersangka, polisi juga menyita tiga sepeda motor yang dipakai untuk berbuat kejahatan, uang hasil merampok, dan telepon seluler.

    Empat pelaku yang berhasil ditangkap yakni, YYN, 36, warga Kampung Bulu, Kelurahan Setiamekar, RT 04 RW III, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi. Berikutnya BKR, 33, warga Kelurahan Hanura, RT 01 RW I, Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Kemudian GRY, 29, warga Kampung Ciranca, Kelurahan Karangjaya, RT 07 RW II, Kecamatan Geger Bitung, Sukabumi. Terakhir yakni, RCO,22, warga Dusun Tanjung Jaya, Kelurahan Gebang RT 04 RW I, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran-Lampung. Saat ini, polisi masih mencari dua pelaku lain yang berhasil meloloskan diri.

    Ketua RT setempat, Herman mengatakan, selama ini tidak menyangka penghuni kos di wilayah tersebut adalah pelaku kriminal.Sejauh pengamatannya, pelaku ini selalu pergi keluar kos pada pagi hari dan kembali pada malamnya. ”Tidak menyangka sama sekali, kalau mereka pelaku kriminal. Warga tidak curiga karena mereka juga sering bertegur sapa bila pas ketemu,” ujar Herman.
    Diketahui, kawanan ini melakukan perampokan terhadap nasabah BCA di Jalan Semeru, Kamis (26/7) sekitar pukul 10.00. Mereka membawa kabur uang Rp 150 juta milik Muhamad Salam. Dalam melakukan aksinya, mereka menggunakan pecahan keramik busi untuk memecah kaca mobil korban.
    Sementara itu, Kapolsek Brebes AKP Harti, yang turut melakukan penyergapan itu mengatakan, saat ini para pelaku masih dilakukan pemeriksaan/introgasi di Polsek Brebes oleh Team Resmob Polda Jateng. Selain terduga pelaku melakukan perampokan di Pemalang, pelaku juga melakukan kejahatan lain di wilayah Polres Tegal. ”Sampai sekarang ini belum ada pengakuan telah melakukan perbuatan di wilayah hukum Polres Brebes,” tandasnya. (sul/fid/fat)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top