HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Senin, 09 Juli 2018

    Kebutuhan Tinggi, Stok Darah PMI Sangat Minim

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Stok darah di Palang Darah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen sangat minim, padahal pada waktu yang bersamaan kebutuhan darah berbagai golongan sangat tinggi. PMI berharap kondisi tersebut dapat menjadi keprihatinan bersama, sehingga akan banyak warga yang rela mendonorkan darahnya.

    Stok darah di PMI Kebumen saat kini kosong, padahal permintaan darah sangat banyak. Pada Minggu (8/7/2018) terdapat 52 calon pendonor darah. Kendati demikian hanya terdapat 22 orang yang dapat mendonorkan darahnya karena alasan kondisi tubuh. Dari 22 orang yang berhasil mendonorkan darah terperincian dengan golongan darah A 7 kantong. Golongan darah B 5 katong, golongan darah 0 8 kantong dan golongan darah AB hanya 2 kantong.

    Meski telah mendapat 22 kantong darah, namun jumlah tersebut langsung habis karena banyaknya permintaan. Bahkan hingga kini PMI Kebumen telah mendapat banyak pesanan darah namun belum dapat memenuhinya. Hal ini tentu sangat memprihatinkan, mengingat permintaan darah berkaitan erat dengan keselamatan nyata manusia.

    Sekretaris PMI Kebumen Salim Wazdy MPd menyampaikan terdapat beberapa pihak yang hendak mendonorkan darahnya, kendati demikian banyak juga yang tidak lolos. Hal ini berkaitan dengan kondisi Hemoglobin (HB) dan tensi darah yang terlalu rendah, atau terlalu tinggi. Selain itu terdapat pula pendonor yang telah baru saja meminun obat. “Bagi yang tidak memenuhi syarat tentunya tidak dapat mendonorkan darahnya,” tuturnya.

    Dijelaskannya mininya stok darah juga berkaitan dengan belum aktifnya "lumbung-lumbung pendonor darah". Hal ini seperti lembaga pendidikan yang kini belum aktif karena belum masuk pada tahun pelajaran baru. Sementara beberapa perguruan tinggi yang di Kebumen juga sedang praktik atau sedang liburan. Usaha yang dilakukan oleh UTD PMI Kebumen yakni memaksimalkan kegiatan Mobil Unit (MU) di luar lembaga pendidikan atau di kelompok donor darah di masyarakat. “Beberapa waktu memang terlihat banyak pendonor darah, kendati demikian darahnya sudah dipesan untuk keluarga,” paparnya.

    Salim berharap akan banyak pihak yang peduli dengan kondisi stok darah PMI. Berdonor merupakan perbuatan yang sangat mulia untuk menolong sesama. Kegiatan berdonor sangat penting untuk menyelamatkan nyawa manusia. “Kepada semua saja diharapkan untuk dapat membantu memenuhi stok darah di PMI Kebumen, dengan berkenan menjadi pendonor darah sukarela,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top