HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Sabtu, 21 Juli 2018

    Hari Ini, Hasil Verifikasi Bacaleg Diserahkan ke Parpol

    Paulus Widiyantoro
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten akhirnya merampungkan proses ver- ifikasi terhadap 530 nama bakal calon anggota legisla- tif (bacaleg) yang disetor- kan partai politik (parpol).

    Selanjutnya KPU Kebumen akan menyerahkan hasil verifikasi tersebut kepada masing-masing parpol. Penyerahan akan dilakukan hari Sabtu (21/7/2018) ini di kantor KPU Kebumen pukul 14.00 WIB.

    ` “Kita mengundang perwakilan parpol untuk menerima hasil verifikasi bacaleg mereka,” kata Ketua KPU Kebumen Paulus Widiyantoro, Jumat (20/7).

    Paulus menuturkan, proses verifikasi dilakukan antara lain dengan memeriksa kelengkapan dokumen pendaftaran, formulir pengajuan hingga kelengkapan syarat bacaleg.

    Selain itu KPU juga melakukan pencocokan antara Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dan dokumen yang disampaikan. Meski proses verifikasi telah selesai, namun Paulus belum bisa menyampaikan hasil verifikasi itu secara detail ke publik sebelum disampaikan ke parpol.

    Termasuk jumlah bacaleg yang memenuhi syarat ataupun yang belum memenuhi syarat (BMS). “Nanti kalau sudah diberikan ke parpol baru bisa kita publis hasil verifikasinya,” imbuh Paulus.

    Terkait bacaleg yang masih dinyatakan BMS, KPU memberi kesempatan kepada parpol untuk dapat memperbaiki berkas yang tidak sesuai persyaratan atau belum lengkap.

    Masa perbaikan dimulai dari 22 Juli hingga 31 Juli mendatang. “Harapannya dengan masa perbaikan itu, parpol bisa melengkapi segala kekurangan dalam persyaratan,” katanya.

    Pada kesempatan itu Paulus menuturkan jika KPU Kebumen menerima 530 nama bacaleg dari 15 parpol pada masa pendaftaran mulai 4-17 Juli kemarin. Dari 16 parpol, hanya satu parpol di Kebumen yang tidak menyerahkan berkas pendaftaran yakni PKPI.

    Terdapat lima partai politik yang mendaftarkan Bacaleg sampai batas maksimal yakni 50 orang. Sedangkan partai lainnya jumlahnya bervariasi.(has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top