Honda Vario Duo 20-21 Feb 2019

  • Berita Terkini

    Senin, 30 Juli 2018

    DPK Sesalkan Disdik Kebumen Terkait Gagalnya Bantuan Buku

    Agus Hasan Hidayat/fotoimamekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Gagalnya Kebumen dapat bantuan buku penunjang perpustakaan mendapat perhatian serius dari banyak pihak. Termasuk, Dewan Pendidikan (DPK) Kabupaten Kebumen yang menyesalkan kejadian ini.

    DPK melalui  Penyelenggara Pendidikan Kekhasan Agama pada DPK Kebumen Agus Hasan Hidayat, meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kebumen melakukan evaluasi menyeluruh agar kasus semacam ini tak terulang di masa mendatang.

    Agus Hasan, Minggu (29/7/2018), mengatakan realisasi program bantuan buku penunjang perpustakaan di Kebumen perlu mendapat perhatian serius. Pasalnya buku merupakan kebutuhan prioritas dalam proses pembelajaran siswa.

    "Harusnya program-program Dinas Pendidikan tidak hanya terfokus pada peningkatan prasarana semata semisal, pembangunan gedung, renovasi ruangan. Tetapi harus beralih kepada prioritas sarana baik buku-buku pembelajaran, alat peraga pembelajaran maupun sarana penunjang lainnya mengingat tingkat keberhasilan pendidikan di Kabupaten Kebumen belum menunjukkan kinerja dan kualitas maksimal,” ujar Agus Hasan.

    Dinas Pendidikan Kebumen pun diminta melakukan evaluasi menyeluruh terkait penyebab kegagalan bantuan ini. Termasuk, bagaimanakah kinerja dan kedisiplinan kerja Jajaran Dinas Pendidikan Kebumen mengingat instansi itulah yang bertanggungjawab pada kegagalan realisasi program tersebut.

    Di saat yang sama, DPK bakal melakukan analisis yang hasilnya bisa direkomendasikn kepada pihak terkait dalam hal ini Bupati Kebumen. Ini sesuai dengan tugas DPK yang tertuang dalam PP Nomor 17 tahun 2010. Hal ini tentunya diperlukan bahan-bahan masukan dan data yang benar dan akurat sehingga dapat diperoleh solusi yang terbaik dan bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya dunia pendidikan di Kabupaten Kebumen,” ucap Agus Hasan.

    Seperti diberitakan, puluhan sekolah dasar di Kabupaten Kebumen gagal mendapatkan bantuan buku penunjang perpustakaan bersumber anggaran pusat di tahun anggaran 2018 ini. Kegagalan ini terjadi lantaran permasalahan teknis keterlambatan mengisi aplikasi Online Monitoring System Perbendaharaan dan Anggaran Negara (On SPAN). Belakangan beredar rumor, kegagalan itu juga terkait mundurnya pejabat PPKom pada Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen. (mam/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top