Honda VARIO

  • Berita Terkini

    Sabtu, 16 Juni 2018

    Warga Kutosari Punya Tradisi Unik di Hari Lebaran

    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Usai Shalat Idul Fitri, sebagian besar masyarakat melanjutkannya dengan mendatangi rumah-rumah untuk bermaaf-maafan di hari lebaran. Namun, berbeda dengan tradisi warga RT 7 RW 2 Desa Kutosari Kecamatan Kebumen ini.

    Mereka berkumpul di gang perumahan. Kemudian saling bermaaf-maafan, antara sesama warga, baik yang tua, muda maupun kanak-kanak. Itu pula yang terlihat pada Jumat (15/6/2018) pagi.

    Ketua RT mengawalinya dengan ikrar saling memaafkan kepada tokoh masyarakat setempat. Kemudian, dilanjutkan dengan saling berjabat tangan antar sesama warga. Nuansa kerukunan dan keakraban khas Lebaran pun sangat terasa.

    Ketua RT H Uidyono, tradisi bermaaf-maafan di Gang Perumahan ini sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu. Selain untuk mempererat silaturahmi, ini juga sebagai bentuk ungkapan saling memaafkan diantara warga.

    "Ada juga harapan agar generasi muda menyadari pentingnya silaturahmi yang muaranya Ukhuwah Islamiyah terjaga" ujar Udiyono, Jumat.

    Ungkapan senada disampaikan warga setempat, Riza Atala Asror. Sebagai generasi muda, dia sangat terkesan dengan tradisi di wilayahnya tersebut. "Ini sangat baik untuk edukasi bagi kaum muda seperti kami akan pentingnya silaturahmi sekaligus menjaga tradisi," ujarnya.(*/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top