BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Kamis, 07 Juni 2018

    Scoring Day, Latihan Dilanjut Buka Puasa Ala Atlet Panahan Kebumen

    fotoahmadsaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Puasa tak seharusnya menghentikan aktivitas olahraga. Malah, sembari berolahraga dan mengukur kemampuan bisa menjadi kegiatan positif sembari menunggu waktu berbuka puasa.

    Itu pula yang dilakukan para atlet panahan yang tergabung dalam Kebumen Archery, dengan menggelar latihan bersama, Sabtu sore (2/6/2018) lalu. Sebanyak 39 peserta terdiri dari 26 siswa tingkat Sekolah Dasar dan 13 peserta dewasa dan umum, mengikuti kegiatan yang digelar di .Islamic Center tersebut.

    Pengurus Kebumen Archery, Iwan Kusuma, menjelaskan kegiatan kemarin mereka sebut dengan scoring day, yang merupakan tahap penilaian atas latihan-latihan yang telah ditempuh.

    "Kalau di sekolah ada yang namanya ulangan, scoring itu semacam itu. Jadi dari latihan yang rutin kami gelar, kemajuan dan kemampuan atlit kami nilai melalui scoring day ini," jelasnya.

    Scoring sendiri dilakukan dengan setiap peserta melakukan tembakan ke sasaran untuk mendapatkan nilai tertinggi dalam 6 seri. Pada setiap seri, peserta dapat melesatkan maksimal 6 buah anak panah dalam waktu 4 menit."Jadi skor tertinggi atau skor sempurna adalah 360," ujarnya.

    Iwan menambahkan bahwa di wilayah Kabupaten Kebumen saat ini telah ada 2 komunitas panahan yang aktif, yakni Kebumen Archery dan Fast Gombong. Olahraga mengasah kegiuan dalam membidik sasaran anak panah tersebut diikuti berbagai kalangan mulai anak-anak, remaja hingga dewasa.

    "Kita ada perserta dari anak usia Tk, SD, SMP SMP hingga orang dewasa, ini untuk mengasah skil dilatih sejak dini," ungkapnya.

    Ditemui terpisah, Ketua Kebumen Archery, Muslich menjelaskan pihaknya berharap event ini dapat lebih memasyarakatkan olahraga panahan khususnya di Kebumen.
    Disela sela acara ia mnejelaskan hasil Scoring Day yang disertakan dengan acara buka bersama itu, skor tertinggi divisi Standard Bow SD Putra diraih oleh Abdurrahman Muhammad dari Gombong dengan total skor 333.

    Disusul Faruq Zydan Firdaus dengan total skor 311 dan Luqman Abid dengan total skor 297. Keduanya merupakan atlit binaan Kebumen Archery. Pada Divisi Standard Bow SD Putri, Nafa Putri Nurgaeti dari Kebumen Archery berhasil menjadi yang terbaik dengan total skor 320.

    Disusul Zahra Ayu dari MI Muhammadiyah Madureso dengan total skor 284 dan Nafisatudzihni dari SDIT Imam Syafii dengan total skor 255.Divisi Standard Bow Umum, atlet dari Perpani Kebumen atas nama Azzam Hanifudin dan Fauziy Aldianto menjadi yang teratas dengan total skor masing-masing 318 dan 225. Di posisi ke-3 bertengger atlet binaan Kebumen Archery, Muhammad Fathulil Firdaus dengan total skor 183.

    Selanjutnya, Divisi Standard Barebow Umum dikuasai oleh Komunitas Kompak 523 yang menempatkan 2 atletnya di papan skor.

    Masing-masing atas nama Ristiyanto dengan total skor 225 dan Alfarobi dengan total skor 208. Sementara Ajis Iryanto dari Omah Panah meraih posisi 3 setelah berhasil mengumpulkan total skor 94. "Kami berharap semoga kedepan kami bisa mengirimkan atlit olahraga panahan ini ke tingkat nasional di ajang Asean Games," katanya.

    Salah satu peserta Amira Syifa Zahra (10) siswa kelas 5 SD Muhammadiyah tersebut mengaku ia merasa senang bisa mengikuti olah raga memanah tersebut. Olahraga memanah telah ia ikuti selama satu tahun terakhir. "Baru satu tahun, tapi senang aja kalau nembak bisa tepat sasaran,"ungkapnya. (saefur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top