Honda

Honda
Jogja
  • Berita Terkini

    Jumat, 08 Juni 2018

    Ramadhan, SDN 2 Kedawung Gelar Berbagai Lomba

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bulan Ramadhan ini dimanfaatkan oleh SD Negeri 2 Kedawung Kecamatan Pejagoan untuk menyalurkan minat dan bakat para siswanya. Ini dilaksanakan dengan menggelar barbagai lomba keagamaan. Program kegiatan tersebut terbingkai dalam Gema Ramadhan yang dilaksanakan selama empat hari.

    Kegiatan Gema Ramadhan dilaksanakan tanggal 5 hingga 8 Juni. Dalam program tersebut, para siswa juga melaksanakan ibadah sholat serta sahur bersama. Adanya Gema Ramadhan diharapkan mampu meningkatkan kemandirian anak melatih hidup mandiri. Bukan hanya itu saja, dalam kegiatan tersebut anak-anak juga dilatih untuk menjadi amil atau panitia pembagi zakat.

    Kepala SDN 2 Kebumen Warno SPd MPd menyampaikan, di hari pertama Gema Ramadhan dilaksanakan kegiatan lomba hafalan doa harian, surat-surat pendek dan niat sholat fardu. Doa harian meliputi doa sebelum dan sesudah makan, sebelum dan bangun tidur, serta lain sebagainya. “Ini diharapkan dapat meningkatkan ilmi dan amal para siswa,” tuturnya, Kamis (7/6/2018).

    Dihari kedua dilaksanakan lomba Juz Amma, sholat subuh dan Doa Qunut serta lomba azan. Untuk Lomba Jus Amma meliputi bacaan tartil, selain itu dilaksanakan pula lomba sholat fardu lengkap dan hafalan Asmaul Husna. “Asmaul Husna merupakan nama-nama Alloh SWT, ini penting untuk dihafal dan untuk berdoa,” katanya.

    Kegiatan Gema Ramadhan dilanjutkan dengan Mabit. Ini diisi dengan Kultum, buka bersama, Sholat Magrib, Sholat Isya dan tarawih. Setelah itu siswa menginap disekolah untuk dapat menjalankan sahur bersama. “Semua siswa SDN 2 Kedawung, mulai dari kelas 1 hingga 6 mengikuti kegiatan Gema Ramadhan ini,” paparnya.

    Warno menambahkan, hari ini Jumat (8/6), dilaksanakan pembayaran dan pembagian zakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan agar anak-anak dapat belajar membayar zakat fitrah serta hafal doa ijab qobul zakat. Adapun jika menggunakan beras maka zakat yang dikeluarkan perkepala yakni 2,8 kilogram.

    Sedangkan bila menggunakan uang maka setidaknya Rp 25 ribu rupiah. “Semua kegiatan dilaksanakan dengan pendampingan penuh dari panitia. Sekolah telah menetapkan para guru yang bertugas di masing-masing sesi acara,” ucapnya. (mam).

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top