HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Jumat, 08 Juni 2018

    Pabrik Papan Barecore di Banjarnegara Terbakar

    darno/radarbanyumas
    BANJARNEGARA - Pabrik pembuatan papan barecore di Desa Masaran Kecamatan Bawang terbakar, Kamis (7/6) pagi. Kebakaran disinyalir disebabkan oven yang over heat. Sehingga tumpukan kayu disekitarnya terbakar. Besarnya kobaran api membuat api sulit dipadamkan. Api baru bisa dipadamkan menjelang sore hari. Bare core sendiri merupakan papan yang terbuat dari potongan kayu yang dilem lalu dipres dan dioven.

    Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Sat Pol PP Banjarnegara Zuhri mengatakan api sulit dipadamkan karena banyaknya tumpukan kayu kering. Selain itu jarak antara posko dengan lokasi kebakaran cukup jauh. Sehingga membuat waktu respon agak lama. "Sehingga agak terlambat," paparnya. Pemadaman juga terkendala lokasi pengambilan air yang cukup jauh.

    Zuhri mengatakan tumpukan kayu yang terbakar berada di dekat oven. Mesin pemanas kayu tersebut sedianya akan dibuka pagi itu.  Setelah proses oven selama sepekan. Namun disinyalir oven mengalami panas berlebih. Sehingga memicu kebakaran.

    Dia mengatakan pemadaman dilakukan oleh tiga unit mobil Damkar. Dua unit yang kecil untuk mengambil air. Sedangkan yang besar disiagakan untuk menyemprot kobaran api.

    Kapolsek Bawang AKP Sutardiyana menjelaskan kebakaran terjadi sekitar pukul 08:15 WIB. "Kebakaran terjadi di sebuah pabrik di RT 2 RW 2 Dusun Kebumen Desa Masaran," terangnya. Kebakaran terjadi di gudang pengeringan bare core blok I pabrik kayu lapis CV Berkah Risqi. "Api membakar sekitar 160 meter kubik kayu, gudang, mesin kipas dan heater," terangnya. Kerugian akibat kebakaran diperkirakan  Rp 300 juta.

    Sekretaris Sat Pol PP Banjarnegara Tulus Sugiharto mengatakan api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 15:00 WIB. "Tadi siang kami mengerahkan tiga unit mobil Damkar dan 15 personel,"" terangnya.Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.(drn)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top