BPJS KEBUMEN

BPJS KEBUMEN

HONDA DUO CRV

  • Berita Terkini

    Minggu, 10 Juni 2018

    H-6, Belum Terlihat Lonjakan Pemudik di Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Memasuki H-6 lebaran, arus mudi di Kabupaten Kebumen masih lancar. Namun demikian, para pemudik dihimbau tetap waspada dan mematuhi arahan petugas saat melintas di jalur kota beriman.

    Pantauan koran ini, Sabtu (9/9/2018) malam hingga pukul 23.00 WIB, tak ada kemacetan berarti di sejumlah jalur yang dipersiapkan untuk mudik lebaran. Baik di jalur utama maupun alternatif lancar bahkan mendekati hari-hari biasa.

    Arus padat sesekali terlihat di titik-titik rawan macet seperti di Pasar Gombong, Pasar Gombong, Karanganyar, Kutowinangun dan Prembun. Namun demikian, masih masuk kategori ramai lancar.

    Kendaraan roda empat mendominasi arus mudik tadi malam. Sesekali, kendaraan bermotor plat luar daerah melintas. Menariknya, arus dari arah timur justru tak kalah padat dibanding arah sebaliknya.

    Sebelumnya, Kapolres Kebumen, AKBP Arief Bahtiar mengatakan, titik paling rawan macet terjadi di perlintasan kereta. Dari perhitungannya, akan terjadi kemacetan 12 jam setiap harinya. Salah satu faktor yang menyebabkan kemacetan tersebut karena jalur utama lintas selatan itu dibelah oleh rel kereta api pada beberapa titik.

    Penumpukan pemudik diperkirakan akan terjadi di perlintasan kereta api yang mengharuskan pengguna jalan berhenti ketika kereta melintas.Jika dikalkulasi secara keseluruhan akan terjadi 12 kemacetan setiap hari karena kereta api yang melintas setiap hari jumlahnya lebih dari 100. Setiap kereta melintas, dibutuhkan waktu 7 menit.

    Dari perlintasan kereta api di Karanganyar, Pejagoan dan Kutowinangun dipastikan akan terjadi penumpukan kendaraan. "Seperti di perlintasan karanganyar seharusnya sudah dibuat fly over, namun saat ini belum bisa dilakukan. Jadi kemacetan pasti terjadi. Warga kami himbau mengalah kepada pemudik selama lebaran," kata Kapolres.

    Untuk menghindari kemacetan, Polres Kebumen sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif khususnya di jalur selatan. Bila macet terjadi, pemudik akan diarahkan ke sana lewat titik Sangkaputung Gombong dan Pertigaan Guyangan Petanahan.

    Terkait jalur pantai selatan jawa (Pansela) yang tengah dalam tahap pengerjaan, Kapolres tidak merekomendasikan. Sebaiknya pemudik melintasi jalur alternatif biasa, yakni Jalur Daendels.

    Polres Kebumen melibatkan 564 personel dan dibantu oleh 100 petugas lain dari TNI, Dishub, serta relawan yang dibentuk dalam satgas dan penempatan pospam maupun subpospam. Untuk pospam lebaran, Polres Kebumen menyiapkan 12 pospam dan 9 subpospam. (cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top