• Berita Terkini

    HONDA SPORT 2019 30 Juni

    Rabu, 06 Juni 2018

    Cuti Bersama Lebaran, Disdukcapil Tetap Buka Layani Masyarakat

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Selama cuti lebaran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kebumen tetap melayani perekaman data KTP elektonik (KTP el) maupun administrasi kependudukan lainnya.

    Kepala Disdukcapil Kebumen, Frans Haidar, mengatakan Dinas Dukcapil Kebumen memastikan pelayanan e-KTP selama cuti Lebaran tetap berjalan. kebijakan digulirkan untuk melayani wajib e-KTP di Kabupaten Kebumen bagi warga yang merantau dalam perekaman data kependudukan saat mereka pulang kampung.

    "Kami hanya libur pada saat lebaran saja, saat hari H dan H plus satu Idul fitri. Selebihnya kami tetap buka melayani masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan," kata Frans Haidar, pada acara Buka Bersama di Rumah Dinas Wakil Bupati Kebumen, Minggu.

    Di Kebumen hingga Akhir Maret 2018, masih ada 76.000 orang wajib e KTP belum melakukan perekaman data kependudukan. Kemungkinan sebagian besar berada di perantauan.
    Selain Lebaran, pada hari pemungutan suara Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 27 Juni mendatang juga tetap buka. Meskipun hari itu hari yang dliburkan di daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak," ujarnya.

    Frans Haedar mengatakan diperkirakan jumlah perantau yang masuk kategori wajib e-KTP belum melakukan perekaman data kependudukan cukup tinggi. Karena itu pihaknya mengambil keputusan tidak menutup pelayanan di hari libur. Cuti bagi karyawan akan terjadwal, sehingga ada pelayanan di hari libur.

    Pihaknya memilih melayani wajib e-KTP yang pulang kampung, ketimbang ikut memanfaatkan seluruh hari cuti bersama lebaran. Kepada wajib e-KTP yang belum melakukan perekaman data kependudukan agar memanfaatkan pelayanan di hari libur bulan ini.

    "Walaupun sebenarnya sedang cuti bersama, semua layanan administrasi kependudukan kita layani, sama seperti pada hari biasa," ungkapnya.

    Ia menambahkan, saat libur Lebaran warga yang akan mengurus administrasi kependudukan jumlah justru meningkat. Terutama warga perantau yang pulang kampung. "Mumpung di kampung halaman mereka biasanya mengurus surat pindah, kartu tanda penduduk, atau kartu keluarga," bebernya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top