• Berita Terkini

    Selasa, 05 Juni 2018

    Bupati Purbalingga Ditangkap KPK

    PURBALINGGA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Purbalingga Tasdi, Senin (4/6/2018) sekitar pukul 17.00 WIB. Dia diamankan bersama Kabag Layanan Pengdaan Setda Purbalingga Hadi Iswanto, serta Ajudannya Teguh Priyono dan kontraktor yang diduga menyerahkan suap Nababan. Diduga penangkapan itu terkait proyek pembangunan Islamic Centre.

    Dari keterangan yang dihimpun di lapangan, sebelum penangkapan, sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara penyidik KPK dengan Kebag Layanan Pemgadaan Hadi Iswanto. Hadi yang menggunakan mobil dinas Avanza bernomor polisi R 64 C masuk dengan kecepatan cukup tinggi dari arah jalan raya alun-alun masuk ke komplek Pendapa Dipokusumo. Mobil itu dikejar oleh dua mobil Avanza warna putih yang tidak diketahui nomor polisinya.

    Mobil dinas Hadi Iswanto lalu menuju ke lapangan tenis di komplek pedapa. Mobil itu ditabrak oleh salah satu mobil KPK pada bagian sisi kanan tengah. Hadi Iswanto kemudian keluar dari mobil dan berlari menuju ruang kerjanya di lantai dua gedung Setda.

    Sejumlah orang dari dua mobil KPK lalu keluar dan mengejarnya. Ternyata di komplek pendapa juga sudah terparkir mobil Avanza silver yang dinaiki oleh tim KPK. Mereka juga keluar dan mengejarnya. Akhirnya penyidik KPK berhasil menangkap Hadi Iswanto di salah satu ruangan. Dia lalu menyerahkan tas kresek berisi segepok uang.
    Penyidik KPK tim lain ternyata mendatangi ruang kerja Bupati Tasdi. Dan kemudian membawa bupati bersama ajudannya, Teguh Priyono. Mereka lalu dibawa ke Polres Banyumas untuk dimintai keterangan.

    Diduga penangkapan itu terkait pembangunan tahap II Islamic Centre senilai Rp Rp 22,5 miliar. Mega proyek itu dibangun secara multiyears dengan total anggaran Rp 77 miliar. Proyek tahap II ini dimenangkan oleh PT Sumber Banyak Kreasi dari Jakarta.

    Hingga berita ini dituliskan, pihak-pihak terkait dilingkungan Pemkab Purbalingga tidak ada yang berkomentar apapun tentang penangkapan tersebut. Saat penggeledahan, penyidik KPK didampingi oleh polisi. KPK menyegel mobil dinas Kabag LP, ruang kerja Kabag LP, dan ruang kerja Bupati.

    Hingga berita ini ditulis belum ada pejabat Pemkab Purbalingga yang bisa dikonfirmasi. Wakil bupati purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi ketika ditelpon tidak mengangkat. Begitu juga sekda Purbalingga Wahyu kontardi. (tya/amr)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top