Honda Vario Duo 20-21 Feb 2019

  • Berita Terkini

    Selasa, 22 Mei 2018

    Warga Wonosobo Ikut Kena Demam Es Kepal Milo

    WONOSOBO – Meskipun di kota-kota besar Es Kepal Milo sudah cukup dikenal dan ada di banyak cafe, namun di Wonosobo masih relatif baru. Bahkan harganya yang cukup mahal dibandingkan es buah maupun minuman anak-anak pada umumnya juga tidak mengurangi minat para pembeli.

     Es kepal milo di beberapa gerai dijual mulai Rp8.000 sampai Rp12.000. bahan dasarnya yang cukup mudah didapatkan membuat para pedagang bisa bereksperimen dengan komposisi yang berbeda. Menurut Yanti, salah satu pembeli, dirinya tertarik mencoba karena sempat heboh di media sosial.

    “Awalnya karena belum sampai di Wonosobo, saya sempat mencari cara membuatnya. Ternyata bahan dasarnya cukup sederhana tapi fariasinya bermacam-macam. Ada yang pakai es batu serut, ada yang pakai eskrim full dicampur dengan milo dan susu kental manis dan ada yang variasi topping. Tapi harganya memang cukup mahal untuk kantong pelajar,” ungkapnya.

    Cara membuatnya pun sangat sederhana. Kita bisa membuatnya berbekal beberapa kemasan milo yang dicampur susu kental manis coklat, dan es batu yang harganya Rp500 rupiah. Menurut Yanti, harga dara bahan dasar jika ditotal hanya di kisaran Rp5000. Namun salah satu faktor penentu rasanya ialah campuran milo sendiri.

    “Saya pernah mencoba kalau hanya satu bungkus, rasanya beda jauh dengan yang dua bungkus, bahkan ada yang pakai tiga. Dasarnya hanya es serut dibuat bentuk kepal, ditambah campuran milo dan susu kental manis plus toping, itu saja,” ungkapnya.

    Trik untuk membuat campuran yang tepat ialah menggunakan air panas yang dicampur sedikit demi sedikit hingga kekentalannya ideal. Ketika disiram ke es serut maka akan mengisi rongga-rongga es dengan sempurna. Sehingga harga Rp10.000 untuk semangkok es kepal milo dinilai ideal.

    “topping biasanya dari biskuit, oreo, kacan, mises, sampai taburan untuk donat. Kalau di pedagang biasanya pakai yang sudah siap, harganya juga lebih murah,” imbuhnya.

    Untuk memastikan es kepal aman dikonsumsi dikatakan Yanti harus menggunakan air es yang matang. Selain itu kebersihan penjual juga sangat penting termasuk kemasan untuk campuran hingga taburan. Namun perlu diperhatikan nilai kalori dari satu porsi es kepal bisa mencapai 800 hingga 900 kalori yang cukup tinggi untuk anak-anak. (win)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top