• Berita Terkini

    Rabu, 02 Mei 2018

    USBN SD di Kebumen Diikuti 20.956 Peserta

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Menjelang persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan (Disdik) Kebumen kini tengah mempersiapkan segala kebutuhannya. USBN SD/MI akan dilaksanakan pada Kamis hingga Sabtu (3-5/5/2018) mendatang.

    Saat ini soal-soal terkait untuk pelaksanaan USBN telah sampai di masing-masing sub rayon. Sebelumnya, naskah yang telah dijamin keamanannya itu ditempatkan di Ruang Aula SMA Negeri 2 Kebumen. Naskah soal didistribusikan ke 26 sub rayon atau UPTD Dinas Pendidikan masing-masing di Kecamatan dengan pengawalan ketat. Sebelum digunakan naskah soal akan disimpan dengan aman di masing-masing sub rayon.

    Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kebumen Agus Sunaryo SPd MPd menyampaikan, USBN kali ini diikuti oleh 20.956 siswa. Jumlah tersebut tersebar di 903 sekolah. Adapun untuk SD mencapai 797 sekolah dan MOI 107 madrasah. Jumlah siswa SD mencapai 18.630 dan siswa MI sebanyak 2.326. “USBN dilaksanakan dengan menggunakan 1.464 ruangan,” tuturnya, Selasa (1/5/2018).

    Dijelaskannya, USBN dilaksanakan dengan tiga mata pelajaran yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pihaknya berharap usaha dinas dalam menyiapkan segala keperluan USBN juga diimbangi dengan usaha siswa. Dalam hal ini orang tua siswa diharapkan turut serta mendukung suksesnya USBN. Adanya peran serta dari orang tua diharapkan dapat mensukseskan hasil USBN. “Dukungan dari orang tua sangat menentukan bagi siswa,” paparnya

    Sementara itu terpisah, Kepala Disdik Kebumen H Ahmad Ujang Sugiyono SH menyampaikan Kebumen telah siap melaksanakan USBN SD. Pihaknya juga meminta agar USBN dilaksanakan dengan baik oleh semua pihak baik siswa, orang tua, sekolah maupun pengawas. “Semua pihak diharapkan mendukung pelaksanaan USBN,” jelasnya.

    Dalam kempatan kali ini Ujang juga menegaskan jika kesuksesan USBN bukan hanya sebatas pada perolehan nilai semata, melainkan juga integritas. Integritas USBN dapat dilihat dari jawaban siswa dalam sebuah kelas. Dengan demikian nantinya dapat dilihat sekolah mana yang mengedepaknan integritas dan yang mengedepankan nilai. “Sukseskan USBN dengan menjunjung tinggi integritas,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top