Honda VARIO

  • Berita Terkini

    Senin, 14 Mei 2018

    Ratusan Siswa Yayasan Ulil Albab Diarak Keliling Kota

    Saefur Rohman / Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sejumlah kegiatan memeriahkan Khotmil Qur'an siswa-siswa yang berada dalam naungan Yayasan Ulil Albab Kabupaten Kebumen. Salah satu yang menarik, pihak yayasan mengarak para siswa santri yang khatam dengan pawai taaruf, Selasa (8/5/2018). 

    Ada 345 siswa yang diarak kemarin menggunakan odong-odong. Mereka dilepas di halaman sekolah yang beralamat di Jalan Tentara Pelajar no 24 Kewedusan itu. Dari tempat ini, siswa menempuh jarak 3 km dan kembali ke sekolah.


    Ketua Panitia Khotmil Qur'an SD Ulil Albab Kebumen, Mohamad Safeudin, menyampaikan, peserta terdiri dari 93 khatam Al Quran, 68 tahfid dan 45 Madrasahdiniyah (Madin). Pawai taaruf sendiri mengawali rangkaian kegiatan yang berlangsung hingga Kamis (10/5). Dalam tiga hari pelaksanaan, selain pawai taaruf, juga digelar haflah akhirussanah Madin dan Tahfidzul Qur'an Ulil Albab dan terakhir Pelaksanaan Khotmil Qur'an dan Imtihan X TPQ Ulil Albab Kebumen.  Pentas seni yang menampilkan kreatifitas para siswa menjadi kegiatan lain. Untuk kegiatan ini, digelar di halaman sekolah setempat.

    Pembina Yayasan Ulil Albab Kebumen, Ahmad Nasihudin mengatakan, kegiatan khotmil Qur'an SD Ulil Albab ini merupakan agenda rutin setiap tahun, diikuti lembaga Kelompok Belajar (KB), TK dan SD yang berada di bawah naungan yayasan. Tahun ini memasuki edisi ke-10.  "Ini kegiatan Akhirusanah tahfid dan madin tujuannya untuk mengasah progres menghafal Al Quran bagi para siswa," katanya didampingi Ketua Yayasan Ulil Albab Mukhsinul Mubarok SPd Msi.

    Ahmad Nasihudin menjelaskan, metode pendidikan yang diajarkan di yayasan Ulil Albab merupakan pendidikan satu pita yakni pelajari Al Qur'an yang dimana para siswa dapat memilih metode pembelajaran Al Qur'an setelah khatam.

    Adapun pilihannya antara lain tahfid yakni menghafal Al Quran terlebih dahulu lalu melanjutkan pemahaman isinya atau Madin yakni pembelaran pemahaman Al Qur'an dilanjuitkan menghafalkannya.

    "Dengan metode ini diharapkan para siswa akan melanjutkan ke tingkat SMP hingga SMA telah mahir dengan membaca Al Qura'n dan hadis sehingga dapat memahami nilai - nilai Al Qur'an untuk diterapkan dikehidupan sehari hari, di tahun depan Insya Alloh kami sudah menerima siswa sekolah tingkat SMP yankni SMP Ulil Albab," katanya.(saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top