HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Sabtu, 19 Mei 2018

    PPK Mulai Melakukan Pelipatan Surat Suara Pilgub Jateng

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Proses persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018 di Kabupaten Kebumen telah memasuki tahapan Pelipatan Surat Suara.

    Kendati pelipatan menjadi tanggung jawab Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), namun pelaksanan pelipatan terpusat di Kantor KPU Kebumen. Pelipatan Surat Suara telah dimulai sejak Kamis (17/5/2018) lalu.

    Logistik surat suara untuk pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah telah masuk proses pensortiran dan pelipatan. Pelipatan dilaksanakan oleh puluhan PPK. KPU sengaja meminta PPK untuk melipat karena merekalah yang nantinya akan bertugas di lapangan. Dengan begitu maka PPK sangat sangat perlu untuk mengetahui kondisi surat suara.

    Ketua KPU Kabupaten Kebumen Paulus Widiyantoro menyampaikan, jumlah surat suara untuk Pilgub Jateng kini sebanyak 1.077.713 lembar. Surat suara berasal dari jumlah total surat suara DPT 1.050.220 ditambah 2,5 persen DPT. "Tak hanya melakukan pelipatan, PPK juga diharapkan menyortir jika ada surat suara yang rusak," katanya, Jumat (18/5/2018).

    Paulus Widiyantoro menjelaskan, hingga hari kedua pelipatan, telah  ditemukan beberapa surat suara yang rusak. Kerusakan yang ada meliputu terdapat garis yang tidak sesuai dan ada noda putih. Hal ini lantaran proses pencetakan yang tidak sempurna.

    Paulus menargetkan proses pelipatan surat suara akan selesai pada 30 Mei mendatang, sembari itu logistik pemilu yang lain juga akan terpenuhi semuanya. “Kami menghimbau petugas pelipatan cermat dan teliti dalam mensortir surat suara. Sehingga tidak lagi ditemukan surat suara yang rusak dan dikembalikan ke panitia," tegasnya.

    Terkait surat suara yang rusak, lanjut Paulus, selanjutnya akan dikumpulkan dan direkap oleh panitia. Setelah itu surat suara akan diserahkan kepada  KPU Provinsi Jawa Tengah. Nantinya Surat suara yang rusak akan akan diganti dengan yang baru. Ini dilaksanakan sebelum proses packing dan distribusi surat suara. “Kami berharap pada 12 Juni mendatang proses packing surat suara sudah selesai semua. Sehingga Lebaran tidak disibukkan dengan logistik pemilu," terangnya.

    Dalam kesempatan kali ini Paulus juga menghimbau kepada masyarakat untuk mensukseskan pemili. Hal ini salah satunya dilaksanakan dengan menggunakan hak pilihanya dengan baik. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top