• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Selasa, 29 Mei 2018

    Api Mrapen Grobogan Dipakai Pembukaan Asian Games

    SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS 
    GROBOGAN – Api Abadi Mrapen, Desa Manggar Mas, Kecamatan Godong,  Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, akan menjadi sejarah dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Api yang konon tidak pernah padam tersebut digunakan penyalaan api Asian Games.

    Plt Kepala Disporabudpar Grobogan Edi Santoso mengatakan, pengambilan Api Abadi Mrapen rencananya pada Juli mendatang. Prosesi pengambilan api bakal dihadiri Puteri Indonesia dan puluhan atlet Asian Games.

    ”Rencananya akan pengambilan Api Abadi Mrapen pada 18 Juli mendatang. Sebelum pengambilan api nanti ada prosesi acara pada malam harinya,” kata Edi Santoso kemarin.
    Nantinya akan menampilkan tujuh puteri Indonesia bermain drama. Yakni, dengan lakon Joko Tarub. Mereka akan menjadi tujuh bidadari. Kehadiran dari tujuh Puteri Indonesia ini akan menarik wisatawan datang ke Grobogan.

    ”Putri Indonesia ini akan promosikan tentang wisata di Grobogan. Mulai dari batik, kuliner, tempat wisata religi, wisata alam dan hasil UMKM,” ujarnya.

    Sementara itu, pengambilan Api Mrapen akan diambil atlet dengan lari estafet secara marathon sampai ke Jakarta. Acara tersebut akan diikuti puluhan atlet Asian Games untuk mengarak api abadi.

    ”Api Mrapen akan keliling Indonesia. Kemudian sampai di Jakarta akan digunakan pembukaan Asian Games digabungkan dengan api dari Hindia pada September mendatang,” terang dia.

    Usai dari pembukaan Asian Games di Jakarta, Api Mrapen akan dibawa ke Palembang. Dimana perhelatan kejuaraan olahraga tingkat Asia empat tahun sekali juga digelar di Palembang.

    ”Even ini adalah even internasional. Maka sebagai tempat daerah yang disinggahi sudah kami persiapan semuanya. Termasuk, akomodasi dan perhotelan di Grobogan yang sudah memenuhi standar untuk hotel bintang tiga,” tandasnya. (mun/ris)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top