• Berita Terkini

    Senin, 21 Mei 2018

    Antisipasi Kelangkaan, Pasokan Elpiji 3 Kg di Purworejo Ditambah

    PURWOREJO - Pasokan gas elpiji tiga kilogram diprediksi aman hingga selama bulan Ramadan tahun ini. Pasalnya, Kabupaten Purworejo mendapat tambahan jatah sebanyak 10 persen dari hari biasa.

    Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Sri Suhartini saat mendampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Purworejo melakukan pemantauan kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di sejumlah pasar tradisional dan agen gas elpiji.

    Sri Suhartini mengatakan, masyarakat saat ini juga semakin dimudahkan untuk mendapatkan gas elpiji 3 kg. Setidaknya setiap desa telah memiliki pangkalan, bahkan di beberapa tempat ada lebih dari 1 pangkalan. "Gas elpiji 3 kg selama puasa nanti disediakan 489.000 yang meningkat dari bulan lalu sebanyak 444.840," kata Suhartini.

    Diakuinya, selama ini masih ada beberapa keluhan dari masyarakat tentang ketersediaan barang dan ketidaksesuaian harga dibawah. Hanya saja, sebenarnya permasalahan ada di pengecer. Dari Pertamina sendiri telah ditetapkan harga eceran 1 tabung gas elpiji 3 kg sebesar Rp 15.500.

    "Memang masih ada yang harganya diatas itu, tapi perlu dipastikan kalau itu tidak di pangkalan tapi di pengecer," jelas Suhartini.

    Sementara itu, Ida Nurdiana selaku pengelola PT Dian Patra Rajasa mengatakan bahwa gas elpiji yang ada selama ini pembagiannya di tingkat pangkalan meliputi 50 persen untuk masyarakat, 25 persen untuk pelaku UMKM dan 25 persen sisanya ke pengecer.

    "Dari kami untuk ke pangkalan satu tabungnya Rp 14.750 dan harga di pangkalan Rp 15.500. Tapi kalau sudah sampai pengecer memang ada perbedaan lagi harganya," kata Ida.

    Dijelaskannya, selama ini agen yang dikelolanya mensuplai 170 pangkalan. Dan sebagian besar pangkalan telah diwajibkan menyediakan gas elpiji 5 kg. Hal itu dimaksudkan untuk melayani kebutuhan gas elpiji seiring dengan adanya kebijakan Bupati yang menghimbau agar PNS dan karyawan BUMD mengalihkan penggunaan gas elpiji 3 kg ke gas 5 kg.

    Bupati Agus Bastian SE MM usai melakukan peninjauan mengatakan jika dirinya bersama Forkopimda ingin melihat dari dekat tentang ketersediaan barang menjelang Puasa. Dia berharap semua tetap terjamin dan masyarakat tidak mengalami kesulitan.

    "Dari hasil pantauan, persediaan barang kepokmas selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri masih tercukupi. Harga-harga kepokmas secara umum masih relatif stabil,” ujar Bupati. (luk)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top