Honda

Honda
Jogja
  • Berita Terkini

    Kamis, 03 Mei 2018

    Aksi Mogok GTT/PTT di Kebumen Kembali Dapat Sorotan

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Hari pertama adanya aksi mogok Guru Tidak Tetap/Pegawai Tidak Tetap (GTT/PTT),  banyak mendapat sorotan miring dari para guru di sekolah. Selain itu aksi mogok ternyata juga belum berpengaruh secara signifikan terhadap kegiatan belajar mengajar.

    Pasalnya kendati sebagian besar GTT/PTT di Kebumen melaksanakan aksi mogok, namun secara garis besar pula kegiatan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berjalan dengan baik dan lancar.

    Dari beberapa informasi yang berhasil dihimpun Ekspres, sebagian besar GTT/PTT memang benar-benar melaksanakan aksi mogok. Namun terdapat pula beberapa sekolah di wilyah Kecamatan Kebumen yang semua GTT/PTT nya berangkat seperti biasa.

    Adanya aksi mogok tersebut, juga telah memunculkan tudingan bahwa GTT/PTT tidak turut serta menyukseskan pelaksanaan USBN sekolah. Pasalnya aksi mogok dilakukan tepat di hari pertama dimana sekolah melaksanakan USBN, yakni Kamis (3/5/2018).

    Di wilayah Kecamatan Pejagoan terdapat salah satu SD yang GTT/PTTnya tidak berangkat satu pun. Bukan mendapat simpati, pihak sekolah justru malah merasa kesal dengan adanya aksi tersebut. Sekolah menilai selama ini pihaknya telah memperlakukan baik kepada GTT/PTT, namun saat sekolah sedang melaksanakan ujian, mereka justru malah mogok.

    “Selama ini kami selalu memperlakukan GTT dengan baik. Sekolah yang menggaji mereka, sekolah juga yang membuat mereka dapat bekerja. Saat ini saat sekolah sedang punya gawe, mereka malah mogok. Sekolah tidak salah apa-apa. Jika mereka kesal dengan bupati, tidak seharusnya sekolah menjadi korban,” tutur salah satu Kepala Sekolah SDN di wilayah Kecamatan Pejagoan yang enggan menyebut nama.

    Dengan nada sedikit kesal pihaknya menyampaikan, meski saat ini tidak ada GTT/PTT namun semua kegiatan USBN dapat berjalan dengan lancar. Bahkan untuk sementara waktu pihaknya mengaku tidak lagi menaruh simpati kepada para GTT/PTT. “Saya bukan tidak respek sama GTT/PTT, cuma cara dan waktunya tidak tepat. Sehingga hal itu membuat hilangnya rasa simpati. Seharusnya aksi dapat dilakukan dengan hal yang positif,” paparnya.

    Adanya ungkapan pelaksanaan USBN juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kebumen H Ahmad Ujang Sugiyono SH. Pihaknya secara langsung memonitoring pelaksanaan USBN di beberapa tempat. SDN 1 Bojongsari Alian, SDN 1 Surotrunan Alian, SDN 3 Wonosari Kebumen, SDN 1 Dorowati Klirong dan SDN 2 Jogomertan Petanahan semuanya berjalan dengan tertib dan lancar. “Alhamdulillah berjalan dengan tertib dan lancar. Saya hari ini monitoring USBN di beberapa tempat,” terangnya

    Ujang menegaskan, selain berdasar pada pantauan langsung daru laporan yang diterima melalui UPTD Disdik Kebumen sejumlah GTT/PTT juga tetap berangkat kerja. "Distribusi soal lancar, petugas USBN GTT/PTT yang memilih cuti tugasnya digantikan PNS," katanya Kamis sore (5/5/2018).(mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top