Honda VARIO

  • Berita Terkini

    Senin, 14 Mei 2018

    403 Siswa Ikuti Kompetensi Sains

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 403 peserta mengikuti Kompetensi Sain Madrasah (KSM) Tingkat Kebupaten yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kebumen. Kegiatan tersebut diselengarakan di MTs Negeri 1 Kebumen, Sabtu (12/5/2018).

    Adapun jumlah 403 siswa tersebut terdiri dari siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliah (MA). Untuk MI terdiri dari 190 peserta dengan perincian 95 peserta mengikuti pelajaran Matematika dan 95 mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

    Sedangkan untuk MTs diikuti oleh 60 siswa dengan perincian Matematika 15 peserta, IPA 30 peserta dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 15 peserta. Sisanya yakni 153 merupakan peserta tingkat MA. Adapun perinciannya yakni Matematika 30 peserta, Biologi 20 peserta, Fisika 20 peserta, Kimia 20 peserta, Ekonomi 30 peserta dan Geografi 30 peserta.  Acara KSM Tingkat Kabupaten dibuka oleh Kepala Kemenag Kebumen Imam Tobroni SAg MM.

    Dalam sambutannya Imam Tobroni menyampaikan KSM merupakan bagian penting dari seluruh proses pendidikan. Hal ini untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan khususnya pada bidang akademik. Kepada para siswa pihaknya menyampaikan agar KSM dilakukan secara sportif dan sehat. “Bersaingkah secara sehat dan sportif,” tuturnya.

    Sementara itu Ketua Panitia pelaksana yakni Kasi Pendidikan Madrasah pada Kemenag Kebumen H Nasirudin MPdI menyampaikan, para peserta yang menjadai juara 1 pada setiap tingkatan akan mengikuti KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah. Itu akan dilaksanakan pada 17 Juli mendatang, di Kabupaten Pemalang. “KSM Tingkat Kabupaten level madrasah ini dilaksanakan secara serepak se Jawa Tengah,” katanya.

    Setelah melalui penilaian dan melaksanakan perekapan akhirnya panitia mengumumkan hasil KSM. Adapun untuk tingkat MI Pelajaran Matematikan dimenangkan oleh Mutiara Miftahul Jannah dari MI Muhammadiyah Klopogodo sebagai Juara 1, Muhamad Ikhsan Afandi MI Nurussulaiman Seliling sebagai juara 2 dan Elok Mantikyah MI Nurul Iman Kertodeso. Sedangkan untuk pelajaran IPA di menangkan oleh Muhammad Tsaqib Munir dari MI Negeri 1 Kebumen sebagai Juara 1. Muhammad Aghitsna Fadllarrobbi dari MI Negeri 2 Kebumen sebagai Juara 2 dan Anisatul Umniyah dari MI Maarif 2 Jatisari sebagai Juara 3.

    Sedangkan untuk tingkat MTs pelajaran Matematika juara 1 oleh Dinastuti Hidayahtul Karin dan dari MTs Negeri 1 Kebumen. Juara 2 oleh M Arvin Wijayanto MTs Negeri 1 Kebumen dan juara 3 oleh Fatimah Az Zahroh MTs Negeri 3 Kebumen. Untuk pelajaran IPA dimenangkan oleh Ririn Solekhah dari MTs Negeri 3 Kebumen. Juara 2 oleh Khafidz Hidayat dari MTs Negeri 1 Kebumen dan Juara 3 Amalia Khoerani MTs Negeri 2 Kebumen. Sedangkan Pelajaran IPS juara 1 yakni Rifki dari MTs Negeri 3 Kebumen. Juara 2 Fatatun Malikhah dari MTs Asy Syafiiyyah Kuwarasan dan Juara 3 Meytri Kurniasih dari MTs Negeri 4 Kebumen.

    Untuk tingkat MA pelajaran Metematika juara 1 Mila Trisnawati dari MA An Nawawi 03 Kebumen. Juara 2 Anjar Dwi Wahyuni dari MA Negeri 1 Kebumen dan Hikmatul Alyah dari MA Al Barokah Karanggayam. Untuk pelajaran Biologi Ikaf Rahman Zaenuri, juara 2 Haqqul Fata dan juara 3 Sri Agustiningsih, ketiga juara tersebut merupakan siswa MA Negeri 2 Kebumen.

    Untuk pelajaran Fisika juara 1 Khuzaimah MA Padureso, juara 2 Afdi Masykur Gibran dari MA Negeri 2 Kebumen dan Rismawati Saputri dari MA Maarif 1 Kebumen. Untuk Pelajaran Kimia juara 1 Imroatus Solihah dari MA Maarif 1 Kebumen, juara 2 Syinta Syufriiyah dari MA Padureso dan juara 3 Lely Mukharomah dari MA Negeri 3 Kebumen. Untuk pelajaran Ekonomi juara 1 Kikin Supeni dari MA Negeri 3 Kebumen, juara 2 Ana Rodhiyatus Sholikhah dari MA Negeri 2 Kebumen, juara 3 Siti Khanifahtun Khasanah dari MA Darussaadah.

    Sedangkan untuk pelajaran Geografi juara 1 Nurul Assyfa Qulbiati dari MA Negeri 2 Kebumen, juara 2 Qori Istriani dari MA Negeri 3 Kebumen dan Khoirotin Khisan MA Negeri 2 Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top