• Berita Terkini

    Senin, 14 Mei 2018

    106 Calon Pegawai PDAM Kebumen Ikuti Tes Potensi Akademik

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Sebanyak 106 calon pegawai PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) di Hotel Mexolie Kebumen, Minggu (13/5/2018). Mereka merupakan hasil seleksi terbuka sejak 18-30  April lalu.

    Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, Zein Musta'in, mengatakan jumlah pelamar calon pegawai di BUMD yang dipimpinnya itu mencapai 203 orang. Namun, yang lolos seleksi administrasi sebanyak 106 pelamar. Dari jumlah itu calon pegawai terdapat pegawai termuda 21 tahun dan tertua 30 tahun. Sedangkan, berdasarkan jenjang pendidikan ada 2 orang berpendidikakn pascasarjana (S2).

    "Yang mengikuti tes potensi akademik ini yang kemarin lolos seleksi administrasi," kata Zein Musta'in didampingi Kabag Umum PDAM Kebumen, Suparno, Minggu pagi di lokasi seleksi.

    Hebatnya lagi, ratusan caloon pegawai itu bukan hanya warga Kebumen, tetapi banyak yang dari luar Jawa, seperti dari NTB. "Tapi 50 persen warga lokal Kebumen, dan sisanya dari wilayah kabupaten tetangga," ujarnya.

    Zein menjamin seleksi tersebut dilakukan secara terbuka dan tidak ada intervensi dari pihak manapun. Pihaknya pun bekerjasama dengan sebuah konsultan asal Jogjakarta. "Seleksi ini dilakukan terbuka dan 100 persen tidak ada titipan dari pihak manapun," tegasnya.

    Zein Musta’in menjelaskan formasi penerimaan calon pegawai yang dibutuhkan adalah programer. Formasi ini harus berpendidikan minimal S1 Teknik Informatika/Komputer. Kemudian, Akuntansi berpendidikan minimal S1 Akuntansi, Bidang Teknik berpendidikan minimal S1 Teknik Sipil atau Teknik Lingkungan.

    Selanjutnya, Hubungan Langganan berpendidikan minimal D3 Pemasaran/Manajemen/Komunikasi, Sekretaris berpendidikan minimal D3 Sekretaris/Manajemen. Persyaratan pelamar diantaranya warga negara Indonesia, belum menikah/berkeluarga, usia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun per 30 Mei 2018.

    Syarat selanjutnya, Indek Prestasi Kumulatif (IPK) Teknik min 3,00, Non Teknik min 3,25, sehat jasmani dan rohani, berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara. Tidak sebagai pengurus parpol serta tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai. Kualifikasi yang diharapkan masing-masing formasi memiliki pengalaman dibidangnya minimal 1 tahun dan untuk Sekretaris minimal pengalaman 2 tahun.

    Setelah mengikuti Tes Potensi Akademik, bagi calon pegawai yang dinyatakan lulus akan mengikuti seleksi lanjutan. Yakni tes kesehatan dan tes psikologi.
    Jumlah pegawai yang dibutuhkan PDAM Kebumen dari hasil seleksi tersebut sebanyak 12 orang. "Bagi yang diterima nantinya akan mulai bekerja efektif setelah lebaran," tandasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top