• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Minggu, 22 April 2018

    Warga Tlogowulung Sepakat Bangun Embung

    fotoahmadsaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Untuk mengantisipasi krisis air saat musim kemarau, pemerintah desa Tlogowulung, Kecamatan Alian bakal membangun sebuah embung.

    Direncanakan, embung tersebut akan memiliki luas 1 hektar. Tak hanya untuk mencukupi kebutuhan air bersih, embung juga bakal memasok air bagi kegiatan pertanian, perkebunan dan perikanan masyarakat desa setempat.

    Kepala Desa Tlogowulung, Paeri, mengatakan rencana membuat embung tersebut sudah merupakan kesepakatan bersama. Dalam hal ini, Pemdes juga menggandeng pemuda yang tinggal di perantauan.  "Ide pembuatan embung ini merupakan keinginan masyarakat sejak kepala desa 3 periode lalu. Untuk lahan sendiri warga sudah ada 1 hektar lahan milik warga yang akan dibebaskan," katanya, kemarin (17/4/2018). .

    Paeri menjelaskan ada dua lokasi yang dapat dijadikan embung yakni berada di atas jalan dan di bawah jalan menuju Desa Tirtomoyo. Terkait pembebasan lahan, pihak pemdes Tlogowulung bersama pemuda perantauan yakni Rukun Warega Desa Tlogowulung (Ruket) dan Forum Masyarakat Desa Tlogowulung (Format) bersama masyarakat sepakat untuk menggalang dan untuk pembebasan lahan.

    Paeri berharap pemerintah dapat membantu. Baik dalam bentuk anggaran pembuatan embung hingga uji kelayakan termasuk bagaimana merawat dan mengelolanya bila nanti sudah benar-benar terealisasi embung impian warga Tlogowulung tersebut

    Perwakilan masyarakat dan pemuda perantauan, Mohamad Fadlun mengatakan, mereka sangat mendukung rencana pembuatan embung yang berada di Desa Tlogowulung. Salah satu bukti dukungan, dia telah merelakan tanahnya untuk dipergunakan. "Mudah-mudahan segera terealisasi. Embung ini nantinya bisa menjadi ikon Desa Tlogowulung yang memiliki arti sebuah Tlogo yang berwarna hitam," katanya diamini warga lain, Ludini.

    Sementara, Kasie Kepala Pemerintahan Kecamatan Alian, Parno SIP MM, menambahkan, mengatakan pihaknya mendukung adanya pembuatan embung yang berada di Desa Tlogowulung, bahkan ia sempat membandingkan adanya fungsi embung yang berada di wilayah Kecamatan Sadang dan Karangsambung seperti Embung Cangkring.

    "Dari pemerintah ada anggaran untuk pembuatan embung. Namun untuk pembebasan tanah sepenuhnya diserahkan oleh pihak desa," katanya. (saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top